Tuesday, January 6, 2015

Keunikan Elang Tiram

Advertisement

elang tiram-pandion haliaetus
Elang tiram (Pandion haliaetus) merupakan jenis elang pemakan ikan yang memiliki persebaran sangat luas, mereka dapat ditemukan di semua benua, kecuali antartika. Elang ini merupakan anggota satu-satunya dari genus Pandion dan merupakan elang yang sangat unik dalam caranya mencari mangsa.

Elang ini memiliki warna coklat kehitaman pada bagian punggung dan sayapnya, dengan perut dan bagian kepala berwarna putih abu-abu. Elang yang juga memiliki nama Osprey ini memiliki panjang tubuh sekitar 60 cm dengan rentang sayap mencapai 180 cm. Elang tiram menyukai habitat tempat tinggal di sekitar danau atau laut yang memiliki banyak ikan.

Elang tiram memiliki gaya berburu yang unik. Seperti jenis elang pemakan ikan lainnya, mereka akan terbang di atas air untuk mencari ikan yang dapat ditangkapnya. Saat melihat ikan, elang tiram akan menukik tajam dan mencengkeram denga kukunya yang tajam. Namun yang unik adalah, elang ini mampu menyelam ke dalam air untuk menangkap mangsanya.

Elang-elang lain hanya akan menangkap ikan dari permukaan saja, cakarnya akan masuk air dan menggenggam mangsanya. Namun si elang tiram mampu menyelam ke dalam air untuk memburu mangsanya. Kemampuan yang tidak dimiliki jenis elang lain, oleh karenanya genus Pandion hanya beranggotakan elang tiram saja.

Walaupun elang tiram sangat menyukai ikan, namun mereka akan memburu hewan-hewan lain yang dapat ditangkapnya. Burung, tupai, tikus dan mamalia kecil lainnya dapat menjadi mangsa sampingan si elang tiram. 

Karena persebarannya yang luas dan jumlahnya yang masih cukup melimpah, status konservasi elang tiram adalah LC (Least Concern). Namun belakangan ini populasinya menurun dengan drastis akibat perburuan yang dilakukan untuk tujuan perdagangan. 

0 komentar

Post a Comment