Wednesday, January 7, 2015

Alkaloid

Advertisement

kafein
Kafein, suatu alkaloid
Alkaloid merupakan senyawa-senyawa cenderung basa yang mengandung atom nitrogen dan kebanyakan berbentuk heterosiklik. Alkaloid merupakan senyawa organik yang paling melimpah di alam, dengan lebih dari 3000 jenis. Beberapa jenis alkaloid yang umum di dengar dalam kehidupan sehari-hari antara lain kafein, nikotin, dan morfin. Alkaloid dapat ditemukan dalam jaringan daun, batang, biji, buah, dan akar tumbuhan. Alkaloid sebagian besar dihasilkan oleh tumbuhan, namun beberapa jamur dan hewan juga menghasilkan jenis-jenis alkaloid tertentu.

Fungsi alkaloid bagi tumbuhan
Fungsi alkaloid bagi tumbuhan begitu jelas diketahui. Namun beberapa jenis alkaloid memberikan perlindungan terhadap beberapa jenis serangga predator. Dalam jaringan tumbuhan, alkaloid memberikan rasa pahit pada jaringan tersebut. Beberapa alkaloid juga dapat menghambat pertumbuhan jamur pada tumbuhan.

Fungsi alkaloid bagi dunia medis
Alkaloid telah sejak lama dikenal manfaatnya dalam dunia kesehatan. Salah satu yang terkenal adalah morfin yang digunakan untuk menahan rasa sakit. Morfin dalam jumlah sedikit dapat bermanfaat bagi kesehatan terutama untuk menghilangkan rasa sakit dalam operasi. Namun morfin banyak disalahgunakan menjadi obat-obatan terlarang yang diperjualbelikan secara ilegal. Beberapa alkaloid beserta fungsinya adalah sebagai berikut.

Nama alkaloid
Fungsi
Kafein
Menenangkan saraf, menghambat rasa kantuk
Nikotin
Menstimulasi kerja saraf otonom
Morfin
Penahan rasa sakit (analgesik)
Kodein
Penahan rasa sakit, obat batuk
Atropin
Obat tetes mata
Kokain
Penahan rasa sakit
Piperin
Bioinsektisida
Quinin
Obat penyakit malaria
Saponin
Antibakteri
Vinblastin
Obat kanker
Vinkristin
Obat kanker
Ergotamin
Analgesik pada migrain
Mitraginin
Analgesik dan antitusif
Reserpin
Obat disfungsi ereksi
Epedrin
Mempengaruhi konstriksi pembuluh darah
Nikotin
Bahan aktif dalam rokok
Meskalin
Berefek halusinogen
Psilosibin
Berefek halusinogen
Strikhnin
Racun yang sangat kuat

Sumber-sumber penting alkaloid
kopi penghasil kafein
Kopi, penghasil kafein
Beberapa tumbuhan penghasil alkaloid banyak dikembangbiakkan baik secara resmi untuk tujuan medis atau secara ilegal untuk mencari keutungan. Tumbuhan opium sebagai sumber dari morfin banyak ditanam di negara-negara amerika latin dan negara konflik seperti Afganistan. Opium ditanam secara ilegal untuk dipanen getah buahnya untuk diproses menjadi morfin dan beberapa jenis bahan aktif turunannya. Tembakau merupakan sumber untuk nikotin yang banyak dikembangkan dalam industri rokok, nikotin merupakan bahan aktif dalam rokok namun menimbulkan dampak negatif bagi tubuh. Kafein adalah alkaloid yang ditemukan dalam biji kopi, kafein memberikan rasa tenang pada saraf dan menghambat rasa kantuk. Kopi merupakan penghasil alkaloid yang paling banyak dikembangkan dalam pertanian secara legal di seluruh dunia.

0 komentar

Post a Comment