Sunday, December 7, 2014

Makhluk Hidup Tertua di Dunia ada di Amerika

Advertisement

Makhluk hidup unik tiap jenisnya, masing-masing memiliki perbedaan yang sehingga dapat dibedakan antara jenis yang satu dengan jenis lainnya. Salah satu perbedaan dalam dunia makhluk hidup adalah berkaitan dengan usia hidupnya di muka bumi. Ada makhluk hidup yang hanya dapat bertahan hidup selama beberapa jam dan beberapa hari saja, namun ada pula yang mampu hidup hingga ratusan bahkan ribuan tahun. Makhluk hidup tertua yang hidup saat ini adalah pohon bristlecone pine (Pinus longaeva) yang hidup di California, Amerika Serikat.


Pohon pinus tersebut telah berumur sekitar 5.064 tahun pada 2014, pohon ini telah menyaksikan lebih dari 1,8 juta kali matahari terbit sepanjang hidupnya. Pohon ini juga telah menyaksikan berbagai kerajaan muncul dan menghilang serta menjadi saksi bisu peradaban manusia. Pohon pinus ini tumbuh di White Mountain, daerah pegunungan tinggi yang hampir selalu diselimuti salju.


Pohon pius ini berukuran cukup besar, diameternya lebih besar dibandingkan dengan tinggi seorang manusia normal. Yang unik adalah bahwa pohon ini hanya mengalami pertumbuhan 2 minggu saja dalam setahun. Hal itu terjadi karena tempat tumbuhnya pohon ini di White Moutain, adalah daerah pegunungan tinggi yang hampir diselimuti salju sepanjang tahun. Oleh karena itu, pohon pinus ini hanya mengalami pertumbuhan optimal selama 2 minggu saja saat musim panas.

Pohon pinus ini pernah tersambar petir hingga batangnya menjadi terbelah namun pohon tersebut tidak mati. Dengan terbelahnya batang pohon tersebut, nampak lingkaran-lingkaran tahun yang dapat menjadi salah satu indikator untuk menhitung umur pohon tersebut. Disekitar pohon tua ini juga ditemukan beberapa bristlecone kecil yang baru hidup beberapa tahun, siap menggantikan pohon tua tersebut apabila ajalnya telah tiba nanti.

0 komentar

Post a Comment