Wednesday, December 10, 2014

Loquat, Obat Batuk Yang Nikmat Dimakan

Advertisement

Orang Indonesia mungkin jarang mendengar nama buah loquat (Eriobotria japonica) karena buah tersebut memang bukan buah asli Indonesia. Loquat adalah buah yang berasal dari dataran Tiongkok, namun saat ini telah tersebar di berbagai penjuru dunia termasuk Indonesia. Buah ini berukuran kecil, sedikit lebih kecil dari rambutan dengan bentuk menggerombol. Walaupun kecil, namun buah ini memiliki rasa manis yang nikmat sehingga menyebabkan buah ini banyak dikembangkan di banyak negara di luar Tiongkok.

Selain rasa buahnya lezat di lidah, ternyata buah ini memiliki khasiat sebagai obat batuk alami. Ahli-ahli obat di China sejak jaman dahulu telah menggunakan sirup buah loquat untuk meredakan penyakit batuk. Sirup buah ini bisa diberikan kepada penderita batuk berdahak yang disebabkan oleh infeksi virus influenza. Buah ini bekerja dengan cara mengencerkan dahak dan memudahkannya keluar dari saluran pernapasan sehingga melegakan saluran pernapasan.


Selain berguna dalam pengobatan penyakit batuk, kandungan vitamin A yang tinggi dalam buah ini juga sangat bermanfaat bagi kesehatan mata. Apabila anda rajin makan wortel atau tomat demi kandungan vitamin A-nya, anda dapat sesekali mencoba buah loquat ini karena kandungan vitamin A-nya hampir setara namun unggul dalam rasanya. Vitamin A dalam buah-buahan akan membantu menjaga kesehatan mata, menjadikannya tetap bugar, dan menghindari kebutaan.

Walaupun buah loquat memiliki khasiat yang bagus untuk kesehatan, namun biji dan daun mudanya justru mengandung racun. Racun yang terkandung di dalamnya adalah dari jenis sianida yang berbahaya bagi tubuh. Walaupun kadar racunnya kecil dan tidak mematikan, namun sangat tidak dianjurkan untuk memakannya karena dapat mengganggu kesehatan. Racun sianida inilah yang menyebabkan daun muda dan bijinya berasa pahit sehingga tidak enak untuk dimakan.

Di negara asalnya, loquat akan berbungga di akhir musim gugur atau di awal musim semi. Pohon loquat termasuk pohon evergreen, yaitu akan selalu hijau, daunnya tidak akan rontok ketika musim dingin tiba. Bunganya memiliki aroma yang sangat harum sehingga di beberapa negara eropa ekstraknya digunakan sebagai bahan baku parfum. Aroma harum bunganya dapat tercium dari jarak jauh, mirip dengan bunga kopi di Indonesia.

0 komentar

Post a Comment