Wednesday, December 24, 2014

Kulit Manggis Untuk Obat Kanker

Advertisement

Siapa tak mengenal manggis (Garcinia mangostana), buah berwarna ungu dengan daging buah putih bersih dan berasa sangat manis. Karena kenikmatan rasanya, buah ini memiliki julukan sebagai ratunya buah...wow. Selain rasanya yang begitu nikmat, ternyata manggis menyimpan manfaat yang begitu besar di kulitnya. kulit manggis yang tebal dan berwarna keunguan ini ternyata mengandung senyawa yang mampu membunuh sel kanker.

Kandungan kulit manggis

Dalam kulitnya yang tebal itu terkandung senyawa yang bernama alfa-mangostin, suatu jenis antioksidan yang sangat kuat. Antioksidan adalah senyawa yang dapat menetralisir radikal bebas penyebab berbagai penyakit termasuk kanker. Beberapa antioksidan yang terkenal adalah vitamin E dan vitamin C, ternyata eh ternyata kekuatan dari alfa-mangostin ini lebih kuat dari vit E dan C.

Radikal bebas yang masuk ke dalam tubuh dapat mengakibatkan sel-sel menjadi rusak dan mati. Sel yang mati karena radikal bebas tidak menjadi masalah karena tubuh dengan cepat mampu membentuk sel penggantinya. Yang menjadi masalah adalah apabila radikal bebas itu merusak sel, dan merusak DNA, sehingga sel tersebut bermutasi dan menghasilkan sel kanker. Sel kanker dapat menjadi masalah yang sangat serius bagi banyak orang karena dapat mengakibatkan kematian.

Kerja alfa-Mangostin dalam tubuh

Radikal bebas merusak sel dengan cara mencuri elektron dari molekul-molekul yang disentuhnya, hal ini dilakukan karena radikal bebas secara alami kekurangan elektron. Nah, alfa mangostin dalam tubuh akan berperan sebagai donor elektron bagi radikal bebas sehingga radikal ini tidak perlu lagi mencuri dari molekul lain. Radikal bebas yang telah menerima elektron menjadi stabil dan tidak membahayakan tubuh lagi. Well done alfa-mangostin.

Dengan kerjanya menetralkan radikal bebas, alfa-mangostin dapat mencegah dan mengobati kanker pada tubuh manusia. Karena alfa-mangostin ini adalah senyawa alami yang dihasilkan tumbuhan manggis, maka lebih aman digunakan untuk pengobatan kanker dibandingkan dengan obat-obatan kimia. Konsumsi kulit manggis dapat dilakukan dengan merebus kulit yang telah dikeringkan atau dijadikan serbuk dan dimakan, namun sekarang ini telah banyak dijual ekstrak kulit manggis dalam kemasan berbagai merk.

0 komentar

Post a Comment