Sunday, December 14, 2014

Kongkang Kolam (Hylarana chalconata)

Advertisement

Kongkang kolam adalah katak berukuran kecil hingga sedang anggota famili Ranidae. Mereka dapat dijumpai di Sumatera, Jawa, dan Bali pada daerah-daerah sekitar perairan dengan banyak pohon. Katak ini dalam bahasa Inggris disebut dengan Schlegel's frog, brown stream frog, copper-cheeked frog, atau white-lipped frog. 




Morfologi
Kongkang kolam memiliki warna kecoklatan dengan ciri khas pipinya berwarna tembaga serta bibir atasnya yang berwarna putih, seringkali terdapat titik putih di akhir garis putih bibir. Warna tubuh katak ini dapat bervariasi dari coklat muda, coklat tua hingga kehijauan. Variasi tersebut muncul diakibatkan karena perbedaan habitat tempat tinggalnya.

Habitat dan ekologi
Katak ini adalah hewan endemik Indonesia. Mereka dapat dijumpai dengan mudah pada daerah-daerah dengan ketinggian kurang dari 1.571 mdpl. Umumnya mereka menghuni daerah sepanjang sungai di hutan-hutan. Mereka menyukai daerah dengan vegetasi rapat dan aliran sungai dengan debit konstan. Katak ini lebih umum dijumpai di daerah dataran rendah dibandingkan dataran tinggi. Mereka juga dapat dijumpai di sekitar persawahan atau pekarangan rumah yang memiliki kolam-kolam yang tidak berair deras. 

Perkembangbiakan
Kongkang kolam dapat bereproduksi sepanjang tahun. Dalam sekali bertelur, betina dapat menghasilkan kurang lebih 2.200 butir telur. Mereka akan bertelur di tempat yang berair tenang hingga agak deras. Kecebong akan hidup dari memakan hewan-hewan kecil, alga, ataupun lumut yang ditemukannya.

Konservasi
Katak ini masih cukup umum dijumpai karena jumlahnya di alam melimpah dan stabil. Dalam IUCN mereka masuk kategori LN (Least Concern) dan bukan termasuk hewan yang dilindungi. Katak ini kadang diperjualbelikan untuk dijadikan umpan ketika memancing.

0 komentar

Post a Comment