Monday, December 22, 2014

Arapaima Ikan Air Tawar Terbesar di Dunia

Advertisement

Arapaima (Arapaima gigas) adalah ikan air tawar yang hidup di sungai Amazon di Amerika Selatan. Ikan ini dikenal sebagai ikan air tawar terbesar di dunia, dengan ukuran terbesar mencapai 4,2 meter. Karena ukurannya yang besar, ikan ini banyak ditangkap oleh penduduk lokal sebagai bahan makanan.

arapaima gigas


Arapaima memiliki bentuk kepala pipih mirip dengan ikan lele, namun dengan tubuh gempal mirip ikan arwana. Tubuhnya berwarna putih kecoklatan berkilap dengan sisik-sisik yang besar, terkadang juga muncul warna kemerahan di sisiknya. Ikan ini adalah karnivora besar yang memangsa ikan dan hewan-hewan kecil lain yang dapat ditangkapnya.

Arapaima dengan ukuran besar sangat disukai penduduk lokal untuk dikonsumsi atau diperjualbelikan di pasar tradisional. Karena aktivitas perburuan yang terus dilakukan ini, jumlah ikan arapaima raksasa sekarang ini sangat langka. Dalam satu tahun diperkirakan lebih dari 5000 ton arapaima ditangkap dari habitatnya.

Arapaima hidup di sungai Amazon dengan air yang agak keruh. Untuk memenuhi kebutuhan oksigen, ikan ini mampu mengambil oksigen langsung dari udara karena memiliki organ pernapasan labirin. Dalam beberapa menit sekali mereka akan naik ke permukaan untuk mengambil oksigen seperti ikan lele.

Ikan jantan merupakan mouthbrooder, mereka akan menjaga anaak-anaknya yang baru menetas di dalam mulutnya. Hal ini dilakukan untuk menjaga kelangsungan hidup anaknya agar bisa bertahan di masa-masa kritis awal hidupnya. Setelah anaknya mampu mencari makanan sendiri, jantan akan melepaskan anaknya dan hidup sendiri tanpa pengawasan. Bahkan apabila si induk bertemu dengan anak-anaknya di kemudian hari, mereka tidak segan-segan untuk memakannya.

0 komentar

Post a Comment