Sunday, November 30, 2014

Wasabi Bisa Membunuh Bakteri

Advertisement

Wasabi (Wasabia japonica) adalah tumbuhan khas Jepang yang digemari sebagai penyedap rasa karena memiliki rasa pedas yang unik. Bagian yang biasanya dimakan adalah batangnya, walaupun daun dan bunganya juga bisa dimakan. Penelitian menunjukkan bahwa wasabi dapat menghambat pertumbuhan e-coli dan jenis bakteri lainnya (nhk.or.jp).

Kemampuan wasabi membunuh bakteri ini disebabkan oleh kandungan isothiocyanate di dalamnya. Isothiocyanate terutama ditemukan pada bagian batang wasabi dibandingkan bagian lainnya. Oleh karena kandungannya ini, wasabi kerap digunakan sebagai penyedap makanan mentah seperti sashimi dan beberapa jenis sushi. Penggunaan pada makanan bertujuan untuk membersihkan makanan mentah tersebut dari bakteri yang dapat membahayakan tubuh.


Walaupun wasabi dapat menghambat pertumbuhan bakteri, namun tidak dapat menghambat pertumbuhan cacing parasit. Oleh karena itu, konsumsi makanan mentah dengan wasabi mungkin dapat membebaskan dari dampak negatif bakteri namun tidak membebaskan dari dampak negatif cacing parasit. Cacing dalam makanan akan mati apabila bahan makanan teleh dipanaskan dengan sempurna.

Sebelum dimakan, batang wasabi akan diparut terlebih dahulu hingga halus. Parutan ini kemudian dijadikan semacam sambal untuk berbagai jenis makanan. Penggunaan wasabi tidak terbatas pada makanan mentah saja, banyak olehan makanan dengan dibakar atau di goreng yang juga menggunakan wasabi. Tumbuhan wasabi tumbuh di tempat yang teraliri air bersih dan bagus dipanen saat berusia dua tahun, hal inilah yang menyebabkan harganya di pasaran cukup mahal.

0 komentar

Post a Comment