Tuesday, November 18, 2014

Nori, Rumput Laut Lezat dan Bermanfaat

Advertisement

Nori, makanan khas Jepang yang terbuat dari rumpul laut ini sedang naik daun di Indonesia. Makanan yang berbentuk lembaran-lembaran tipis ini dapat disajikan sebagai snack, maupun untuk berbagai masakan yang lezat. Nori terbuat dari rumput laut jenis Spiroghyra yang termasuk jenis alga merah (Rhodophita). Di Jepang rumput laut ini banyak dibudidayakan di pantai-pantai dan menjadi salah satu makanan khas Jepang yang terkenal. Selain lezat ternyata nori memiliki banyak manfaat bagi tubuh manusia.

Di dalam nori terkandung vitamin A, B1, B2, B3, B9, B12, C, D, E, dan K, hampir semua jenis vitamin yang bermanfaat bagi tubuh ada di dalamnya. Selain itu makanan ini juga mengandung mineral-mineral penting seperti Ca, Fe, Mg, Na, Cl, dan Zn. Nori merupakan makanan yang rendah kalori dan tinggi serat yang baik untuk kesehatan. Beberapa manfaat kesehatan dari mengkonsumsi nori adalah sebagai berikut.


Dari semua jenis vitamin yang terdapat pada nori, vitamin C ada dalam jumlah yang paling banyak (47% dari jumlah semua vitamin). Vitamin C memiliki fungsi yang sangat penting dalam menjaga kekebalan tubuh kita. Vitamin C juga berperan dalam pembentukan serabut kolagen yang akan menjaga kelenturan kulit kita.

Jumlah viamin A dalam nori cukup tinggi (33% dari jumlah semua vitamin), vitamin ini sangat penting bagi kesehatan mata kita. Pigmen-pigmen penglihatan pada mata terbentuk sempurna dengan adanya vitamin A. Apabila seseorang kekurangan vitamin A dapat menyebabkan gangguan penglihatan ringan hingga kebutaan.

Kandungan zat besi (Fe) pada nori juga tinggi. Zat besi berguna dalam pembentukan sel darah merah baru di sum-sum tulang manusia. Orang yang jarang mengkonsumsi makanan yang mengandung zat besi, dapat menderita kekurangan sel darah merah atau  anemia.

Nori juga mengandung kalsium (Ca) yang berguna pada proses pembentukan tulang dan gigi. Kalsium terutama dibutuhkan oleh anak dalam masa pertumbuhan sebagai bahan pembentuk tulang. Orang dewasa yang mengalami kecelakaan dan menderita patah tulang juga sangat membutuhkan kalsium agar tulangnya dapat segera sembuh dan normal kembali.

0 komentar

Post a Comment