Thursday, November 27, 2014

Narwhal, Si Paus Bertanduk

Advertisement

Narwhal (Monodon monoceros) adalah jenis paus yang hidup di lautan sekitar artik (kutub utara). Paus ini dapat ditemui di perairan Greenland, Kanada, dan Rusia dalam jumlah yang tidak terlalu banyak. Narwhal merupakan paus yang unik, karena mereka memiliki tanduk panjang di moncongya yang beralur spiral mirip dengan tanduk unicorn.

Narwhal adalah paus yang berukuran sedang, dengan panjang tubuh (tidak termasuk tanduknya) mencapai 4 hingga 5,5 meter. Tanduk yang dimilikinya bukanlah "tanduk asli" seperti tanduk sapi atau kambing, tanduk ini sebenarnya adalah perkembangan dari gigi taringnya yang tumbuh sangat panjang. Gigi taring itu akan tumbuh ke arah luar dan akhirnya nampak seperti tanduk, dengan panjang dapat mencapai 3 meter.

Biasanya seekor narwhal hanya memiliki satu tanduk saja, yaitu perkembangan dari gigi taring sebelah kiri. Namun beberapa individu memiliki dua tanduk, hasil perkembangan dari gigi kiri dan kanannya. Narwhal betina juga bertanduk, namun biasanya tidak sepanjang yang jantan. Kebanyakan gigi taring betina malah tidak tumbuh panjang hingga tidak muncul sebagai tanduk seperti jantan.

Tanduk narwhal tersebut merupakan penarik lawan jenis dan digunakan dalam perkelahian antar pejantan. Ujung tanduknya cukup runcing sehingga dapat mengakibatkan luka pada jantan yang saling bertarung. Kemungkinan tanduk tersebut juga digunakan untuk memecahkan lapisan es tipis di sekitar tempat tinggalnya di lautan artik yang dingin.

Seperti semua jenis paus, mereka bernapas dengan paru-paru sehingga menghabiskan sebagian besar waktunya di permukaan air. Namun mereka mampu menyelam hingga kedalaman 1500 meter untuk mencari makan berupa ikan-ikan yang bergerak lamban dan cumi-cumi. Warga eskimo biasa memburu narwhal untuk diambil daging dan tanduknya. Tanduk narwal berharga mahal karena bentuk spiralnya yang unik, mirip tanduk unicorn. Kulit narwhal menjadi sumber vitamin C bagi orang eskimo, karena di tempat tinggalnya orang eskimo sulit memperoleh buah dan sayur.

0 komentar

Post a Comment