Saturday, November 15, 2014

Kadal Basilisk Ini Bisa Berlari Di Atas Air

Advertisement

Plumed basilisk berlari di atas air
Apabila anda adalah pembaca novel Harry Potter anda pasti pernah mendengar nama basilisk, dia adalah hewan buas berbentuk ular yang akan membuat orang yang melihat matanya berubah menjadi batu. Namun basilisk dalam artikel ini bukanlah basilisk monster dalam novel Harry Potter, namun adalah benar-benar hewan asli yang unik. Mereka memiliki kemampuan yang sangat spesial yaitu dapat berlari di atas air.

Kadal yang hidup di wilayah Amerika tengah dan selatan ini memiliki nama lain Kadal Jesus. Basilisk memiliki sirip pada bagian atas kepala, punggung, dan ekornya. Sirip tersebut digunakan untuk menagkap panas matahari yang digunakannya untuk membantu proses pencernaan. Kadal ini memiliki jari kaki belakang yang panjang yang dapat digunakannya untuk membantu berlari di atas air.

Red-shouldered hawk, salah satu pemangsa basilisk
Basilisk hanya akan berlari di atas air ketika merasa terancam oleh kedatangan hewan pemangsa. Saat basilisk mengetahui ada pemangsa mendekat, dia akan berlari dengan cepat untuk menghindari pemangsa tersebut. Seringkali, untuk menghindari pemangsanya, basilisk akan berlari di atas air untuk menyeberangi sungai. Bagaimana bisa seekor kadal mampu berlari di atas air?

Saat berlari di air, basilisk akan membentuk jari kaki belakagnya untuk mampu berfungsi layaknya dayung perahu. Dengan kecepatan larinya yang mencapai 11 km/jam dan tubuhnya yang kecil, dia mampu terus berlari di atas air tanpa tenggelam. Kadal basilisk mampu berlari di atas air sejauh 5 sampai 10 meter sebelum akhirnya dia akan tenggelam dan kemudian meneruskan dengan berenang. Dia hanya berlari dengan kaki belakangnya, hal ini membantunya memperoleh kecepatan yang tinggi untuk mampu menyeberangi sungai.

Ada beberapa jenis basilisk yang semuanya hidup di Amerika tenah dan selatan, mereka adalah common basilisk, red-headed basilisk, plumed basilisk, dan brown basilisk. Hewan unik ini adalah omnivora pemakan hewan kecil, daun, dan buah kecil yang dapat ditemukannya. Sedangkan hewan pemangsa basilisk umumnya adalah burung elang, ular, dan mamalia kecil seperti musang.

0 komentar

Post a Comment