Friday, November 28, 2014

Julang Emas, Burung yang Setia

Advertisement

Julang jantan berleher putih, betina berleher hitam
Julang emas (Aceros undulatus) adalah jenis burung rangkong-rangkongan yang dapat ditemukan di Jawa, Sumatera, dan Kalimantan. Burung ini memiliki paruh yang sangat besar yang digunakan untuk mencari makan berupa buah-buahan kecil. Burung julang dikenal sebagai burung yang setia dengan pasangannya, dia akan selalu mendampingi pasangan hidupnya.

Burung julang biasanya beraktifitas berpasangan, jantan dan betina akan terbang kesana-kemari mencari makan buah-buahan kecil, terutama buah pohon ara. Mereka adalah pasangan yang setia (monogami), mereka tdak akan mencari pasangan lain sebelum pasangan sebelumnya mati. Kesetiaan tersebut sangat nampak terutama ketika musim kawin telah tiba.

Saat musim kawin, mereka akan bersarang pada lubang-lubang pohon yang tinggi dan besar. Betina akan bertelur 2 hingga 3 butir telur di dalam lubang dan akan mengeraminya hingga menetas. Betina dan jantan akan bersama-sama menutupi lubang sarang mereka dengan kotoran dan tanah agar tidak ada hewan lain yang dapat masuk. Mereka akan menyisakan sedikit lubang di pintu masuk, lubang ini digunakan jantan untuk mengantarkan makanan yang dicarinya kepada si betina yang berlindung di dalam sarang.

Betina akan terus berada di dalam sarang untuk mengerami dan membesarkan anak-anaknya. Kebutuhan makan si betina dan anak-anak dipenuhi oleh si jantan yang terbang bolak-balik untuk mencari dan mengantarkan makanan. Betina baru akan keluar saat anak-anak mereka telah cukup besar dan mulai belajar terbang. Ketika saat itu tiba, betina dengan paruhnya yang kuat akan menghancurkan tembok yang telah mereka bangun di pintu masuk sehingga mereka semua dapat keluar.

0 komentar

Post a Comment