Sunday, November 30, 2014

Jamur Lingzhi yang Kaya Manfaat

Advertisement

Jamur ling zhi (Ganoderma lucidum) adalah jamur yang tumbuh di daerah subtropis Asia Timur seperti Tiongkok, Jepang, dan Korea. Selama beribu-ribu tahun jamur ini telah dikenal sebagai jamur yang sangat bermanfaat bagi kesehatan. Jamur ini dapat digunakan dalam pengobatan kanker, diabetes, maag, infeksi bakteri dan berbagai jenis penyakit lainnya. Selain itu jamur ini juga dapat meningkatkan sistem imunitas tubuh sehingga mempercepat proses penyembuhan dan melawan datangnya penyakit (www.ncbi.nlm.nih.gov).

Nama ling zhi sendiri adalah bahasa Tiongkok yang dapat diartikan sebagai jamur ajaib, jamur hidup abadi, jamur luar biasa dan jamur suci. Jamur ini telah dikenal sejak beribu-ribu tahun lalu di Tiongkok dibuktikan dengan berbagai manuskrip kuno yang menjelaskan manfaat dari jamur ling zhi. Dalam penggunaannya, jamur ini dapat dikonsumsi dalam bentuk serbuk, pil, atau direbus dan diminum airnya. Kandungan zat aktif di dalamnya menjadikan jamur ini berasa pahit saat dikonsumsi.

Penelitian telah menemukan banyak sekali zat aktif yang berguna bagi tubuh seperti terpenoid, steroid, fenol, nukleotida dan derivatnya, glikoprotein, dan polisakarida. Banyak penelitian yang telah membuktikan khasiat jamur ling zhi yang luar biasa bagi pengobatan. Salah satunya adalah penelitian Miyazaki dan Nisijima dari Jepang, telah membuktikan khasiat jamur ini dalam menghambat pertumbuhan sel kanker yang tumbuh pada tubuh tikus.

Karena lemampuannya yang luar biasa, permintaan terhadap jamur ini terus meningkat untuk digunakan dalam dunia medis. Jamur ling zhi termasuk jamur langka sehingga menyebabkan harganya cukup mahal. Untuk memenuhi kebutuhan konsumen, sekarang jamur ling zhi banyak dikembangkan dalam pertanian sehingga dapat menghasilkan ling zhi dalam jumlah yang lebih banyak.

0 komentar

Post a Comment