Sunday, November 2, 2014

Inilah Penyebab Jerawat Bernanah Pada Wajah

Advertisement

Staphylococcus aureus, bakteri gram positif
Jerawat adalah hal kecil yang dapat mengganggu keseharian kita, terlebih lagi bagi gadis-gadis modis yang centil dan sangat memperhatikan kecantikannya. Apalagi apabila jerawat tersebut terus membesar dan mengeluarkan nanah putih yang semakin menggaggu. Banyak gadis-gadis merasa malu keluar rumah hanya karena munculnya jerawat ini. Sebenarnya apakah penyebab munculnya jerawat di wajah kita?

Banyak sekali faktor-faktor yang dapat menyebabkan munculnya jerawat, seperti makanan, kotoran, maupun bakteri. Untuk jerawat-jerawat yang bernanah biasanya disebabkan karena infeksi bakteri di kulit. Banteri tersebut akan menginfeksi kulit dan membentuk jerawat. Sistem kekebalan tubuh akan menyerang bakteri tersebut, bakteri yang mati dan sel darah putih yang mati akan tersisa dalam bentuk nanah.

Bakteri yang sering menyebabkan jerawat bernanah pada kulit adalah Staphylococcus aureus. Bakteri tersebut sebenarnya adalah penghuni normal (mikroflora normal) kulit dan saluran pernapasan atas manusia. Saat seseorang dalam keadaan sehat, bakteri tidak mampu menginfeksi kulit karena sistem kekebalan tubuh dalam keadaan optimum.

Aktivitas bakteri akan meningkat saat kekebalan seseorang melemah akibat terlalu lelah maupun karena sakit. Bakteri juga akan berkembang dengan pesat saat tubuh dalam keadaan kotor akibat jarang mandi atau cuci muka. Kotoran, keringat, dan minyak berlebih di tubuh dan wajah merupakan lingkungan yang disukai bakteri tersebut. Bakteri tersebut akan berkembang biak dengan pesat dan mulai menginfeksi kulit wajah sehingga menyebabkan muncul jerawat dan nanah.

Jadi setelah kita tahu penyebab jerawat bernanah tersebut, kita menjadi tahu langkah-langkah apa yang diperlukan untuk menghindari kedatangannya. Kesehatan tubuh adalah faktor yang paling penting, karena dengan tubuh yang sehat segala penyakit akan sulit menyerang. Selain itu kita perlu menjaga kebersihan tubuh dan muka kita, karena bakteri tidak dapat tumbuh dengan baik pada kulit yang bersih.

0 komentar

Post a Comment