Wednesday, November 12, 2014

Cucakrawa, Burung Mahal Yang Punah Di Alam

Advertisement

Bagi penggemar kicau burung, pasti sudah tidak asing lagi dengan burung yang satu ini. Cucak rawa (Pycnonotus zeylanicus) merupakan burung yang terkenal karena kicauannya yang indah. Karena itu, burung cucak rawa termasuk burung dengan harga yang mahal dipasaran. Harga cucak rawa dewasa di pasaran berkisar di angka Rp. 20 juta per ekor.

Harganya dapat melambung menjadi lebih tinggi apabila burung tersebut juara dalam ajang kontes suara burung. Cucak rawa memiliki harga mahal bukan hanya disebabkan oleh suaranya yang indah saja, namun juga karena burung ini termasuk burung yang sulit diternakkan. Oleh karena itu, sebagian besar burung ini masih diperoleh dari hasil tangkapan di alam.

Burung yang masih kerabat kutilang ini dulunya dapat ditemukan di hutan-hutan Jawa, Sumatera, dan Kalimantan. Namun menurut Mckinnon dkk. kini burung tersebut telah punah di alam jawa. Jadi sudah tidak dapat lagi menjumpai cucak rawa liar di hutan-hutaan pulau jawa. Kepunahannya disebabkan oleh perburuan tak berbatas yang dilakukan untuk tujuan ekonomi.

Di sumatera sendiri jumlahnya telah sangat terbatas di hutan-hutan terpencil. Untungnya di kalimantan jumlahnya masih lebih banyak daripada sumatera, burung ini dapat ditemukan di hutan-hutan yang jauh dari pemukiman. Namun apabila perburuan terus dilakukan, tidak menutup kemungkinan cucak rawa benar-benar akan punah dari seluruh alam Indonesia.

Untuk menghindari kepunahan cucak rawa dari alam Indonesia, ada baiknya para pemburu berlatih untuk mengembangbiakkan burung ini dalam penangkaran. Walaupun burung ini mudah stres saat diternakkan, namun beberapa peternak telah berhasil mengembangbiakkan cucak rawa di penangkaran. Dengan keberhasilan penangkaran diharapkan jumlah cucak rawa di alam tidak berkurang lagi dan dapat berkembang menjadi lebih banyak di masa yang akan datang.

0 komentar

Post a Comment