Monday, October 13, 2014

Technosaurus

Advertisement

Technosaurus berarti “techno lizard”, dinamakan demikian karena fosilnya pertama kali ditemukan di Texas Amerika Serikat berdekatan dengan Texas Tech University. Dinosaurus ini hidup pada akhir jaman triasik, sekitar 225 hingga 220 juta tahun yang lalu. Dia memiliki panjang sekitar 1.2 meter dengan berat kurang lebih 12 kg, hampir seukuran dengan anjing yang hidup saat ini. Memiliki 2 kaki kuat untuk berlari dan dua tangan yang digunakan untuk membantu mencari makan.


Technosaurus merupakan herbivora murni, dibuktikan dengan adanya susunan gigi pemotong daun pada rahangnya. Saat mencari makan dia menggunakan tangannya untuk menapak atau mencari ranting yang sesuai. Saat berlari, technosaurus hanya menggunakan kedua kakinya saja. Tubuhnya yang kecil tidak memungkinkan untuk memakan tumbuhan-tumbuhan tinggi, makanan utamanya kemungkinan adalah tumbuhan-tumbuhan kecil yang tumbuh tidak terlalu tinggi dari tanah.

Sebagai herbivora kecil, technosaurus tentu menjadi sasaran empuk dinosaurus karnivora. Dia hanya mengandalkan kemampuan larinya saja untuk menghindari pemangsa. Karnivora yang kerap memburunya kemungkinan dari jenis coelophysis dan postosuchus, karena mereka hidup pada jaman yang sama. Ukurannya yang kecil dapat memberikan keuntungan dalam menghindari pemangsa. Dia dapat masuk dan bersembunyi pada celah kecil yang tidak dapat dimasuki pemangsa besar.

0 komentar

Post a Comment