Thursday, October 16, 2014

Shuvosaurus : Dinosaurus Burung Unta

Advertisement

Shuvosaurus berarti “Shuvo’s lizard” diambil dari nama anak palaentologis yang menemukan fosil tersebut. Dinosaurus ini hidup pada akhir jaman triasik, sekitar 225 – 220 juta tahun yang lalu. Dia memiliki panjang sekitar 3 m dengan berat mencapai 113 kg. Penampilannya mirip dengan burung unta sehingga sering disebut dinosaurus burung unta.

Shuvosaurus memiliki paruh di ujung mulutnya, paruh ini tidak memiliki gigi sehingga sangat mirip dengan paruh burung. Dengan paruhnya yang tebal dia bisa memecahkan kulit buah yang keras sebagai makanannya, selain mencari buah-buahan dia juga memakan daun-daun tumbuhan dan juga hewan kecil seperti serangga yang ditemukannya. Dengan memakan jenis makanan apapun yang ditemukannya, dia termasuk dinosaurus omnivora.


Shuvosaurus kemungkinan merupakan dinosaurus soliter, hidup sendiri dalam suatu wilayah kekuasaan tertentu. Mereka akan berpasangan saat musim kawin, untuk bertelur dan menghasilkan keturunaan baru. Anak-anak shuvosaurus dapat langsung berjalan setelah menetas dari telur dan dapat mencari makan sendiri.

Bentuk tubuhnya yang ramping dengan kaki panjang, menjadikan shuvosaurus dapat berlari cepat seperti burung unta. Tangannya membantu shuvosaurus dalam meraih makanan dan ekornya sebagai penyeimbang saat berlari. Fosilnya ditemukan di texas Amerika Serikat.

0 komentar

Post a Comment