Thursday, October 2, 2014

Perbedaan Buaya, Alligator, Caiman, dan Gharial

Advertisement

Terdapat 13 spesies buaya di dunia, 2 spesies alligator, 6 spesies caiman, dan 2 spesies gharial. Mereka semua termasuk ordo crocodilia dalam kelompok besar reptil. Buaya, alligator, dan caiman memiliki morfologi yang mirip sehingga cukup sulit untuk dibedakan. Caiman berbeda dengan yang lain, memiliki rahang yang cukup ramping sehingga membedakannya dengan teman-temanya.

Tubuh keempat jenis reptil tersebut tidak memiliki perbedaan jauh, perbedaan antara keempatnya dapat diketahui dari mulut mereka. Perbedaan dalam lebar rahang dan gigi yang nampak saat mulut tertutup merupakan ciri identifikasi yang paling mudah dikenali. Perbedaan antara buaya, alligator, caiman, dan gharial adalah sebagai berikut.

Buaya memiliki rahang dengan ujung cukup meruncing, berbeda dengan aligator dan dan caiman yang memiliki rahang cukup lebar di bagian ujungnya. Gharial sangat berbeda dengan yang lainnya, dimana mereka memiliki rahang yang sangat ramping karena makanan gharial adalah ikan, rahang yang ramping memudahkannya menangkap ikan dengan cepat dan tangkas.

Urut dari kiri, mulut buaya, alligator, gharial
Bentuk mulut buaya seperti huruf V sedangkan alligator dan caiman memiliki bentuk mulut seperti huruf U. Gharial memiliki bentuk paling ramping seperti huruf I.

Perbedaan mencolok lain terletak pada gigi mereka. Saat mulut dalam keadaan tertutup, gigi dari rahang bawah dan rahang atas buaya akan nampak dan dapat terlihat dengan jelas. Sedangkan aligator dan caiman hanya gigi bagian atas saja yang nampak saat mulut dalam keadaan tertutup. Perbedaan antara alligator dan caiman terletak pada ukuran giginya. Caiman memiliki gigi yang lebih panjang dan lebih tajam dengan ujung yang runcing bila dibandingkan dengan alligator. Sedangkan gharial memiliki gigi yang lebih ramping dan runcing dibandingkan teman-temannya.


Saat mulut tertutup, gigi dari rahang atas dan rahang bawah pada buaya akan napak saling berselang-seling.







Berbeda dengan buaya, saat mulut alligator tertutup hanya gigi dari rahang atasnya saja yang akan nampak.



Caiman memiliki ciri yang mirip dengan alligator, namun caiman memiliki gigi yang lebih runcing dibandingkan dengan alligator.


Gharial, memiliki morfologi mlut yang sangat berbeda dengan ketiga teman-temanya, gigi gharial sangat ramping dan runcing.








Dari keempat jenis reptil tersebut, buaya dan gharial memiliki ukuran yang cukup besar. Caiman merupakan jenis yang paling kecil dari keempatnya. Buaya, aligator, dan gharial biasa diambil kulitnya untuk dijadikan sepatu, tas dan cinderamata yang lain. Caiman jarang diburu kulitnya karena memiliki struktur kulit yang lebih keras sehingga sulit dalam proses penyamakan untuk dijadikan barang tertentu. 

0 komentar

Post a Comment