Thursday, October 30, 2014

Penyakit-Penyakit Yang Disebabkan Oleh Nyamuk

Advertisement

Beberapa penyakit dapat muncul karena gigitan nyamuk. Hewan ini dapat menyebarkan berbagai jenis virus maupun mikroorganisme dari seorang penderita ke penderita yang lain. Tidak semua nyamuk akan menghisap darah manusia, nyatanya hanya nyamuk betina yang menghisap dan memakan darah manusia. Sedangkan nyamuk jantan biasanya akan memakan cairan-cairan seperti nektar dan sejenisnya. Karena kegemarannya menghisap darah dari satu orang ke orang lain inilah yang menyebabkan mereka dapat menularkan bibit penyakit tertentu.

Menurut American Mosquito Control Association (AMCA) terdapat sekitar 3000 jenis nyamuk di dunia. Dari sekian banyak nyamuk tersebut hanya beberapa saja yang dapat menjadi vektor penyebar penyakit. Beberapa penyakit yang disebabkan oleh gigitan nyamuk adalah sebagai berikut.

Malaria
Nyamuk Anopheles dapat membawa Plasmodium malariae di dalam tubuhnya, Plasmodium akan menginfeksi darah manusia dan menimbulkan penyakit malaria. Gejala malaria hanpir mirip dengan gejala influenza, namun dengan kondisi yang lebih parah. Penyakit ini dapat menyebabkan anemia dan kematian pada penderita.

Demam berdarah
Aedes aegypti merupakan pembawa virus dengue penyebab demam berdarah. Virus dengue akan menyebabkan demam parah pada penderita disertai dengan sakit perut dan diare. Penyakit ini ditandai dengan muncul bintik-bintik merah pada tubuh penderita. Penyakit ini menimbulkan banyak kematian setiap tahun di negara tropis seperti Indonesia.

Chikungunya
Selain demam berdarah, Aedes aegypti juga menjadi penyebab penularan chikungunya. Penyakit ini akan menyebabkan demam disertai dengan nyeri pada persendian dan tulang sehingga sering disebut sebagai flu tulang. Penyebab penyakit ini adalah virus chikungunya.

Demam kuning
Penyakit ini juga disebabkan oleh gigitan Aedes aegypti yang membawa virus dari keluarga flaviviridae. Gejala penyakit ini adalah demam disertai mual dan nyeri pada tubuh. Penderita juga akan mengalami kulit yang menguning karena kerusakan hati yang ditimbulkannya.

Filariasis/Kaki gajah
Penyakit ini akibat dari cacing Wuscheria bancrofti yang disebarkan oleh jenis nyamuk tertentu. Cacing tersebut akan bersarang pada pembuluh limfatik dan akan menyebabkan tertimbunnya cairan limfa di kaki. Cairan yang tertimbun akan menyebabkan kaki membesar sehingga disebut kaki gajah.

0 komentar

Post a Comment