Wednesday, October 1, 2014

Klasifikasi Reptilia

Advertisement

Reptilia merupakan hewan yang telah hidup sejak jaman purba berjuta-juta tahun yang lalu. Jumlah reptilia yang telah punah jauh lenih banyak dibandingkan jumlahnya yang masih tersisa sekarang. Reptilia dibagi dalam beberapa ordo di bawah ini, juga dicantumkan ordo-ordo dari reptil reptil purba yang telah punah.


Ordo ornithischia, merupakan dinosaurus dengan dua tulang pelvis yang saling membelakangi dan mirip dengan tulang pelvis burung. Anggotanya merupakan dinosaurus herbivora seperti apatosaurus. Status: punah.



Ordo Saurischia, merupakan dinosaurus dengan dua tulang pelvis yang saling berhadapan dan mirip dengan tulang pelvis kadal modern. Anggotanya merupakan dinosaurus omnivora dan karnivora misalnya tiranosaurus. Status: punah.



Ordo pterosaurus, merupakan reptil terbang, sayap terbuat dari kulit yang membentang dari jari keempat hingga mencapai tubuh, rentang sayap dari 60 cm hingga 8 m. Contoh anggota ordo ini adalah pterosaurus. Status: punah.



Ordo plesiosaura, merupakan reptil yang tinggal di perairan, dengan leher yang panjang, gigi yang tajam serta memiliki sirip renang seperti penyu. Panjang leher dapat mencapai 2 kali dari panjang tubuhnya. Contoh anggota ordo ini adalah plesiosaurus. Status: punah.



Ordo ichthyosauria, merupakan reptil perairan dengan tubuh menyerupai ikan hiu dan ikan modern. Contoh anggota ordo ini adalah ichthyosaurus. Status: punah.




Ordo squamata: subordo sauria, merupakan reptil darat, berkaki empat, berjalan dengan perut mendekati tanah. Anggota dari subordo ini adalah kadal.





Ordo squamata: subordo serpentes, merupakan reptil tanpa kaki, berjalan dengan menggerakkan otot-otot di bagian ventral, sisiknya dapat mengelupas dan berganti dengan sisik baru seiring pertumbuhan badannya. Anggota dari subordo ini adalah ular.





Ordo chelonian, merupakan reptil dengan lempeng-lempeng pelindung, tulang belakang dan rusuk saling menyatu membentuk pelindung tersebut. Hidup di darat, air tawar, dan air laut. Contoh anggota dari ordo ini adalah kura-kura.





Ordo crocodylia, merupakan reptil dengan habitat perairan, memiliki empat ruang jantung seperti mamalia, dipersenjatai dengan rahang dan gigi yang kuat, dan dapat bergerak dengan cepat di air. Contoh anggota dari ordo ini adalah buaya.





Ordo rhinchochepalia, merupakan kelompok reptil yang dapat bertahan sejak sebelum masa dinosaurus, memiliki gigi seperti baji yang bersatu, memiliki mata ketiga yang kurang berkembang di kulit dahinya. Contoh anggota ordo ini adalah tuatara.

0 komentar

Post a Comment