Saturday, October 25, 2014

Gejala Awal Penyakit AIDS

Advertisement

AIDS merupakan salah satu penyakit yang belum ditemukan obatnya saat ini. Penyakit AIDS disebabkan oleh infeksi virus HIV yang menyerang sistem pertahanan tubuh manusia. Virus HIV memerlukan waktu inkubasi 8 hingga 10 tahun untuk mulai memunculkan gejala-gejala penyakit AIDS. Jadi, orang yang terinfeksi HIV mungkin tidak tahu bahwa dirinya telah terinfeksi hingga sekitar 10 tahun kemudian.


Namun penelitian terbaru menunjukkan bahwa terdapat gejala-gejala awal penyakit AIDS yang dapat dideteksi oleh penderita. Setelah 2 hingga 4 minggu terinfeksi HIV, akan muncul gejala-gejala sebagai tanda-tanda awal terserang AIDS. Gejala-gejala tersebut akan muncul pada sebagian besar penderita, namun sebagian kecil tidak pernah mengalaminya sama sekali. Gejala-gejala awal penyakit akibat serangan HIV adalah sebagai berikut.
  • Demam (gejala paling umum)
  • Pembengkakan kelenjar limfa
  • Rasa sakit pada kerongkongan
  • Memar-memar pada tubuh
  • Mudah kelelahan
  • Otot dan sendi linu dan sakit
  • Sakit kepala
Gejala-gejala tersebut akan bertahan selama beberapa hari hingga beberapa minggu. Namun apabila anda mengalami gejala-gejala tersebut tetapi anda yakin bahwa anda tidak pernah melakukan aktivitas seks beresiko maupun menggunakan jarum suntik bergantian, anda tidak perlu kuatir karena mungkin saja gejala-gejala tersebut berasal dari penyakit lain. Baca juga Gejala dan Tanda Utama Penyakit AIDS.

Apabila anda pernah melakukan aktivitas-aktivitas beresiko AIDS dan muncul gejala-gejala di atas setelah beberapa minggu, anda wajib siaga dan segera memperiksakan diri. Segara lakukan tes untuk mendeteksi adanya virus HIV di dalam tubuh. Deteksi sedini mungkin akan menguntungkan bagi si penderita, karena dapat melakukan langkah-langkah preventif untuk paling tidak mengurangi efek negatif yang akan timbul dikemudian hari. Baca juga Terapi Antiretroviral Bagi Penderita AIDS.

0 komentar

Post a Comment