Tuesday, October 28, 2014

Betet Biasa (Psittacula alexandri)

Advertisement

Betet biasa adalah burung paruh bengkok yang biasa dijadikan hewan peliharaan. Burung ini memiliki warna kepala abu-abu, dada merah muda, dan punggung, sayap, perut serta ekor berwarna hijau. Betet betina akan memiliki warna dada yang lebih buram dari betet jantan. Karena warnanya yang indah inilah mereka banyak ditangkap dari alam dan dijadikan penghias rumah. Dalam bahasa inggris burung ini disebut dengan nama red-breasted parakeet.

Betet biasa memiliki paruh yang bengkok, tebal, dan kuat. Sangat sesuai untuk mencongkel biji jagung dari bonggolnya. Mereka adalah burung yang suka berkelompok, terbang bersama mencari makan di kebun-kebun petani. Saat musim kawin tiba, mereka akan meninggalkan kelompok dan bereaktifitas bersama pasangannya. Burung indah ini akan bersarang dan bertelur pada lubang-lubang pohon.

Mereka dapat ditemukan di Sumateraa, Jawa, Bali, dan Kalimantan. Menghuni hutan-hutan dan daerah pemukiman yang masih banyak pepohonan. Dahulu mereka pernah menjadi hewan hama yang dibenci petani, mereka akan datang menyerbu kebun-kebun jagung petani yang telah masak. Namun saat ini jumlahnya telah berkurang drastis karena banyak diburu untuk diperjualbelikan.

Untuk menyaksikan burung ini di alamnya yang asli, Taman Nasional Karimunjawa merupakan salah satu tempat yang tepat. Di tempat tersebut terdapat beberapa koloni yang dapat dijumpai tanpa harus berusaha dengan susah-payah. Populasi kecil burung ini juga dapat dijumpai di tempat-tempat umum yang masih terjaga lingkungannya seperti daerah sekitar kampus Universitas Pertanian Bogor. Betet biasa merupakan salah satu burung yang populasinya menurun dengan sangat cepat karena ulah tangan nakal manusia.

0 komentar

Post a Comment