Wednesday, October 29, 2014

Benarkah Buaya Menangis?

Advertisement

"Air matamu hanyalah air mata buaya", kita sering mendengar kalimat tersebut di kehidupan sehari-hari. Air mata buaya berarti bahwa tangisan seseorang merupakan tangisan palsu, tidak mencerminkan perasaan sebenarnya. Namun darimana asal kalimat tersebut? dan benarkah buaya benar-benar dapat menangis?

Adam Britton, pendiri dan website informatif tentang buaya crocodilian.com menerangkan bahwa buaya memang benar-benar dapat mengeluarkan air mata seperti manusia. Air mata yang dikeluarkan buaya merupakan cairan mengandung protein yang berfungsi untuk membasahi mata serta membersihkan mata dari kotoran-kotoran.

Buaya mengeluarkan air mata bukan karena kesedihan yang dirasakannya, namun untuk kesehatan matanya. Jadi kalau ada yang mengatakan buaya bersedih sehingga menagis itu sama sekali salah. Sama seperti manusia, buaya memiliki kelenjar lakrimal yang memproduksi air mata. Saat buaya naik ke daratan, mata buaya akan lebih cepat kering sehingga akan muncul air mata untuk membasahinya. Air mata yang muncul terkadang menumpuk banyak hingga nampak seakan-akan menetes.

Bila mata buaya kemasukan kotoran, air mata itu juga akan membantu mengeluarkan kotoran dari mata. Mirip dengan mata manusia saat kelilipan kemudian menangis. Air mata buaya juga akan membunuh bakteri berbahaya yang masuk ke mata. Air mata dapat membunuh bakteri karena mangandung enzim lipase yang dapat menghancurkan sel asing.

Jadi kalimat air mata buaya, adalah peribahasa yang sesuai dengan kondisi sesungguhnya di alam. Peribahasa air mata buaya artinya adalah tangisan palsu, hal itu sesuai dengan tangisan palsu pada buaya yang sesungguhnya. Buaya tidak menangis karena sedih tapi menangis karena butuh pelumas dan pembersih untuk matanya.

0 komentar

Post a Comment