Saturday, September 20, 2014

Tyrant Lizard : Tiranosaurus

Advertisement

Merupakan dinosaurus bipedal, berjalan dengaan dua kaki yang hidup pada akhir jaman kretaseus (sekitar 75 – 65 juta tahun yang lalu). Kata tiranosaurus berarti “tyrant lizard” atau raja kadal yang kejam. Disebut raja kadal karena ukurannya yang besar dan taringnya yang panjang mencapai 6 inchi.


Tengkorak Tiranosaurus dengan 6 inchi taring

Dinosaurus ini memiliki panjang 12 meter dengan berat mencapai 6.5 ton. Karnivora yang berburu dinosaurus hidup dan bertindak pula sebagai pemakan bangkai. Berburu sendiri atau berpasangan dengan lawan jenisnya untuk menemukan mangsa. 

Kaki depannya berukuran sangat kecil dibandingkan dengan ukuran tubuhnya menyebabkan beberapa ahli berpendapat bahwa hewan ini hanya memakan bangkai. Mereka berpendapat bahwa dengan kaki depan sekecil itu, tidak mungkin digunakan untuk menangkap mangsa sehingga diklasifikasikan sebagai hewan pemakan bangkai.

Fosil Tiranosaurus

Ahli lain yang berpendapat bahwa tiranosaurus adalah pemburu yang kejam berargumen bahwa walaupun kaki depannya sangat kecil namun memiliki kekuatan. Tulang kaki depannya memiliki struktur pertulangan yang kuat yang dapat digunakan sebagai kait dalam perburuan menangkap mangsa.

Fosil tiranosaurus ditemukan di Kanada Barat dan Amerika Barat. Beberapa jenis tiranosaurus ditemukan di daerah tersebut, tetapi jenis Tyrannosaurus rex merupakan jenis yang paling terkenal. Tiranosaurus sering muncul sebagai tokoh pemburu kejam dalam beberapa jenis film seperti Jurrassic Park dan Kingkong.

Perkiraan penampakan Tiranosaurus

0 komentar

Post a Comment