Friday, September 12, 2014

Tujuan dan Alasan Pengembangan Kurikulum 2013

Advertisement



Kurikulum 2013 merupakan kurikulum tebaru yang diterapkan dalam kegiatan belajar mengajar di negara kita dewasa ini. Kurikulum 2013 bertujuan memberikan ilmu pengetahuan secara utuh kepada siswa dan tidak terpecah-pecah. Kurikulum ini menekankan pada keaktifan siswa untuk menemukan konsep pelajaran dengan guru berperan sebagai fasilitator.

Pro dan kontra penerapan kurikulum ini terus bermunculan di berbagai tempat. Namun pemerintah tetap yakin dengan penerapan kurikulum dan tak bergeming dengan berbagai pendapat negatif yang berkembang di sekolah-sekolah. Pemerintah memiliki alasan sendiri dengan terus mempertahankan pelaksanaan kurikulum 2013 di berbagai jenjang pendidikan.


Alasan yang mendasari pemerintah mengembangkan dan melaksanakan kurikulum terbaru ini adalah untuk menghadapi persaingan global yang semakin maju. Pendidikan di Indonesia dinilai cukup terbelakang dibandingkan dengan negara lain. Peringkat pendidikan di Indonesia berada di bawah Thailand dan Malaysia untuk di ASEAN saja (Kemdikbud 2011). Menghadapi perkembangan globalisasi yang semakin membumi, pemerintah mengembangkan kurikulum baru dengan tujuan untuk memperbaiki kualitas pendidikan di Indonesia dan menciptakan kualitas penerus bangsa yang bermutu.

Tujuan dan alasan utama pengembangan kurikulum 2013 oleh pemerintah adalah sebagai berikut.
  • Menciptakan lulusan yang memiliki kemampuan berkomunikasi
  • Menciptakan lulusan yang memiliki kemampuan berpikir kritis dan jernih
  • Menciptakan lulusan yang memiliki kemampuan mempertimbangkan segi moral suatu permasalahan
  • Menciptakan lulusan yang mampu menjadi warga negara yang bertanggung jawab
  • Menciptakan lulusan yang memiliki kemampuan mengerti dan toleran terhadap pandangan yang berbeda
  • Menciptakan lulusan yang memiliki kemampuan hidup dalam masyarakat yang mengglobal
  • Menciptakan lulusan yang memiliki minat luas dalam kehidupan
  • Menciptakan lulusan yang memiliki kesiapan untuk bekerja
  • Menciptakan lulusan yang memiliki kecerdasan sesuai dengan bakat/minatnya
  • Menciptakan lulusan yang memiliki rasa tanggung jawab terhadap lingkungan
Kemampuan-kemampuan tersebut di atas diharapkan dapat tercapai dengan penerapan kurikulum 2013. Berbagai keluhan dan kesulitan yang timbul di sekolah kemungkinan terjadi karena belum terbiasanya penerapan kurikulum tersebut dalam pembelajaran. Penerapan secara konsisten sangat diharapkan agar tujuan dan alasan pemerintah mengembangkan kurikulum baru ini dapat tercapai. Langkah pembelajaran dalam kurikulum 2013 dapat dilihat pada artikel berikut Langkah-Langkah Pembelajaran Berbasis Kurikulum 2013.

0 komentar

Post a Comment