Friday, September 12, 2014

Langkah-Langkah Pembelajaran Berbasis Kurikulum 2013

Advertisement

Langkah-langkah pembelajaran yang sistematis diperlukan untuk menjelaskan suatu konsep materi kepada siswa. Guru perlu menerapkan konsep pembelajaran yang baik dalam setiap kegiatan belajar-mengajar. Dengan adanya perancanaan yang sistematis pembelajaran diharapkan akan mencapai tujuan yang dikehendaki  kurikulum.


Kurikulum 2013 bertumpu pada aktivitas siswa di kelas, guru tidak lagi menjelaskan semua konsep, namun membantu siswa untuk menemukan konsep. Penerapan kurikulum 2013 memerlukan kreatifitas guru dalam kegiatan belajar. Guru diharapkan dapat menjadi jembatan antara pengetahuan dan siswa.

Banyak guru belum menerapkan langkah-langkah kurikulum 2013 karena merasa kesulitan dalam penerapannya, mungkin karena belum terbiasa atau kurangnya informasi. Langkah-langkah dalam kurikulum 2013 menitikberatkan pada keaktifan siswa di dalam kelas. Bagan di bawah ini adalah langkah pembelajaran dalam kurikulum 2013.


Secara umum langkah-langkah tersebut adalah sebagai berikut.

Pembukaan
  • Guru memberikan salam pembuka kepada siswa, demikian pula siswa kepada guru.
  • Guru memberikan apersepsi, mengaitkan keadaan sekitar, keadaan siswa, atau pengetahuan awal siswa dengan ilmu yang akan dipelajari.
  • Guru memberikan pengantar materi berupa materi dasar yang akan membantu siswa untuk menemukan konsep dalam kegiatan inti.
  • Guru memberi motivasi belajar kepada siswa.
Kegiatan inti
  • Siswa mengamati segala sumber belajar yang akan mengantarkan siswa menemukan konsep (mengamati tumbuhan, gerak hewan, sinar matahari dsb).
  • Setelah mengamati akan muncul pertanyaan dalam benak siswa sehingga akan timbul tanya jawab antar siswa untuk memecahkan permasalahan, guru dapat memberikan pertanyaan awal agar siswa terpacu untuk berpikir dan berdiskusi dengan siswa lain.
  • Siswa akan menalar kejadian yang terjadi berdasarkan pemahaman yang mereka ketahui dan menemukan konsep awal. Guru dapat membantu siswa yang kesulitan dalam memahami konsep awal dengan memberikan penjelasan-penjelasan singkat.
  • Siswa akan mencoba mempraktikkan pengetahuan untuk menemukan konsep pengetahuan (melalui praktikum, mengerjakan soal-soal aplikasi dsb).
  • Kegiatan-kegiatan di atas (Berdasarkan aktivitas interpersonal dan intrapersonal) menjadikan siswa dapat mencipta pemahaman berdasarkan pengalaman langsung, membangun kerjasama dengan siswa lain, berkomunikasi aktif, dan dapat mengimplementasikan pemahaman yang mereka peroleh.
Penutup
  • Guru dan siswa bersama-sama menyimpulkan inti dari proses pembelajaran yang telah berlangsung, merupakakan tahapan untuk menyamakan konsep yang diperoleh semua siswa.
  • Guru memberikan motivasi dan ucapan penghargaan karena kinerja siswa.
  • Guru dapat memberikan pengayaan.
  • Guru dan siswa saling mengucapkan salam penutup. 

Kegiatan pembelajaran tersebut bertumpu pada aktifitas siswa. Guru diharapkan mampu kreatif dalam merencanakan pembelajaran sehingga kegiatan belajar dapat terlaksana dengan baik. Pembiasaan penerapan kurikulum 2013 penting dalam rangka mencapai tujuan dikembangkannya kurikulum ini yaitu tercipta lulusan yang berkualitas dalam era globalisasi.

0 komentar

Post a Comment