Saturday, September 20, 2014

Duck-Billed Dinosaurs: Edmontosaurus

Advertisement



Adalah dinosaurus yang hidup pada akhir jaman kretaseus, sekitar 75 – 65 juta tahun yang lalu. Hidup sejaman dengan Tiranosaurus sehingga sering dianggap sebagai salah satu mangsanya. Dinosaurus pemakan tumbuhan dengan panjang sekitar 13 meter dengan berat mencapai 4 ton. 

Perkiraan morfologi Edmontosaurus

Hewan berkaki empat dengan kaki depan berukuran lebih kecil dibandingkan kaki belakang. Para ahli memprediksi Edmontosaurus berjalan dengan empat kakinya, namun saat sedang dalam keadaan terdesak dapat berlari cepat dengan menggunakan dua kakinya saja.

Mulut dengan paruh bebek

Mulutnya melebar dan pipih sehingga mirip dengan paruh bebek sehingga sering disebut sebagai dinosaurus berparuh bebek. Lapisan kulit di atas hidungnya dapat menggelembung seperti balon dan mengeluarkan suara yang nyaring.

Kulit atas hidung mengembang seperti balon

Edmontosaurus berarti “Edmonton lizard” atau kadal Edmonton, merupakan tempat di Kanada dimana fosilnya pertama kali ditemukan. Selain di Kanada, fosil hewan tersebut juga ditemukan di Amerika Barat.  Dia menyukai habitat tempat tinggal dan mencari makan di daerah dekat pantai.

Fosil Edmontosaurus

0 komentar

Post a Comment