Monday, September 8, 2014

Dimana Kita Melakukan Pengamatan Burung?

Advertisement

Setelah teman-teman semua membaca artikel waktu yang tepat untuk pengamatan burung, untuk artikel kali ini akan saya lanjutkan dengan tempat-tempat pengamatan burung yang baik.

Kita dapat melakukan pengamatan burung dimanapun, karena dimanapun terdapat burung. Di pepohonan depan rumah, di pinggir jalan, di tempat umum, bahkan di atap gedung-gedung tinggi. Namun, di tempat-tempat itu kita tidak dapat menemukan banyak jenis burung, paling banter hanya bertemu dengan burung-burung umum seperti burung gereja, burung pipit, dan burung wallet. Padahal di Indonesia terdapat sekitar 1598 jenis burung.
Dimanakah kita dapat menemukan dan mengamati mereka semua?

Burung gereja, umum ditemukan di pemukiman

      Pergilah ke hutan
Banyak spesies burung dapat dijumpai di hutan, baik itu hutan primer maupun hutan sekunder (untuk yang belum tahu apa itu hutan primer dan sekunder dapar membaca artikel : Perbedaan Hutan Primer dan Hutan Sekunder). Banyak burung beraktifitas tidak jauh dari pohon, mulai dari beristirahat, membangun sarang, mencari makan, dan bercumbu dilakukan di pohon. Jadi untuk dapat menemukan banyak burung carilah tempat yang banyak pohon alias hutan, banyak jenis burung akan kamu temukan disini.

Berhati-hatilah ketika pengamatan di hutan, perhatikan semua tanda yang ada untuk menghindari tersesat. Akan lebih aman kalau kamu pengamatan di sepanjang jalan setapak (kalau ada) di dalam hutan sehingga dapat kembali dengan mudah.

Burung takur, penguni hutan yang ramai bersuara

      Pergilah ke rawa/danau
Rawa/danau merupakan habitat burung-burung air. Namun tempat yang kita tuju adalah tempat yang masih alami sehingga banyak burung beraktifitas di rawa/danau tersebut. Burung-burung air akan mencari makan dan membangun sarang di sekitarnya.

Burung-burung yang umum ditemukan adalah dari jenis-jenis kuntul, belibis, bangau, bambangan, mandar, dan burung air lainnya. Pengamatan burung air mudah dilakukan karena burung-burung tersebut berukuran besar dan tidak mudah terganggu oleh kehadiran manusia.

Burung belibis, beaktifitas di dekat air

      Pergilah ke pantai
Pantai yang di maksud bukanlah pantai yang biasa dijadikan tempat wisata, namun adalah pantai yang masih banyak ditumbuhi jenis-jenis  bakau. Di tempat ini jenis-jenis kuntul, cangak dan burung laut seperti dara laut dan trinil-trinilan dapat ditemui.

Jenis-jenis kuntul dan cangak banyak beaktifitas di sekitar pohon bakau. Sedangkan burung-burung laut akan nampak mencari makan di sepanjang garis pantai di pasir dan lumpur untuk menemukan hewan kecil.
Tambak-tambak di sekitar pantai juga sering dijumpai burung, walaupun jenisnya tidak terlalu beragam.

Burung dara laut, penghuni pantai dan laut

Apabila kamu ingin mengamati banyak jenis burung, pergilah ke tempat-tempat tersebut.
Carilah di daerahmu masing-masing, adakah hutan? Atau rawa? Atau pantai yang masih alami? Pergilah ke tempat itu dan lakukanlah pengamatan.

0 komentar

Post a Comment