Wednesday, September 17, 2014

Berpikir, Kegiatan Kecil Pencegah Pikun

Advertisement

Ingatan merupakan sesuatau yang penting dalam kehidupan sehari-hari. Sangat penting untuk mengingat jalan, mengingat tempat, mengingat rekan kerja dan lain-lain. Ingatan manusia bersifat unik, yaitu hanya mempertahankan sesuatu yang dianggap penting atau sesuatu yang diingat berulang-ulang.


Semakin tua seseorang, ingatannya biasanya akan menjadi semakin lemah. Hal ini disebabkan oleh rusak dan matinya sel-sel saraf pada orang-orang tua. Setiap hari terdapat ribuan sel saraf yang mati pada seseorang yang berumur di atas 30 tahun. Matinya sel saraf ini tentu akan mempengaruhi ingatan manusia, karena sel saraf merupakan struktur pengingat manusia.

Seseorang yang telah kehilangan banyak sel sarafnya sehingga daya ingatnya sangat lemah biasa disebut dengan istilah pikun. Kepikunan biasanya diderita oleh orang tua dengan umur 65 tahun ke atas. Pada umur ini sel-sel saraf telah banyak yang mati sehingga daya ingat sangat menurun. Tidak seperti sel tubuh yang lainnya, sel saraf pada usia dewasa tidak akan memperbanyak diri lagi sehingga jumlahnya cenderung tetap dan malahan berkurang karena rusak dan mati.

Kepikunan merupakan momok yang menakutkan bagi banyak orang tua. Seseorang yang pikun akan sulit mengenal anak-anaknya, keluarganya, bahkan untuk hal sederhana seperti telah makan siang atau belum dapat dilupakannya. Pikun merupakan penyakit yang tidak dapat disembuhkan dengan pengobatan medis saat ini. Walaupun demikian ternyata pikun dapat dicegah sedini mungkin.

Hal-hal yang dapat mencegah munculnya pikun di hari tua adalah dengan cara selalu menggunakan otak untuk berpikir. Otak yang selalu berpikir akan memacu sel-sel saraf bekerja dengan optimal sehingga menjadikan struktur sel saraf lebih kuat. Dapat kita andaikan dengan berlatih otot, semakin kita melatih otot kita, semakin kuat jugalah otot itu. Prinsip ini juga berlaku pada sel saraf, semakin sering kita menggunakan sel saraf untuk berpikir, maka umur sel akan semakin panjang dan akan semakin kuat.


Beberapa ide kreatif yang muncul di Amerika Serikat adalah dengan penerapan aktivitas mengisi teka-teki silang bagi manula. Panti jompo di amerika serikat biasanya menyarankan penghuninya untuk dengan teratur mengisi teka-teki silang yang telah disiapkan. Orang-orang tua akan berpikir untuk menyelesaikan teka-teki tersebut sehingga menjadikan mereka selalu berpikir aktif tapi dalam suasana yang menyenangkan.

Kegiatan ini terbukti sukses sehingga mencegah seseorang menjadi pikun di hari tuanya. Penggunaan teka-teki silang telah terbukti ampuh mencegah penyakit pikun di Amerika Serikat. Sebenarnya tidak hanya teka-teki silang, namun semua aktivitas yang mengasah otak untuk berpikir aktif akan mencegah kepikunan. Dengan syarat aktivitas tersebut dibungkus dengan suasana gembira sehingga tdak akan menimbulkan stress.

Sangat penting untuk menjaga kesehatan otak kita dengan tidak membiarkannya menganggur terlalu lama. Berpikir menjadikan otak kuat dan terbebas dari penyakit mengerikan bernama pikun. Hal ini dapat dilakukan sedini mungkin sehingga resiko datangnya pikun akan semakin mengecil.

0 komentar

Post a Comment