Sunday, September 21, 2014

Bagaimana Dinosaurus Bisa Menjadi Fosil?

Advertisement

Sebagai hewan yang hidup berjuta-juta tahun yang lalu, yang tersisa dari dinosaurus saat ini adalah fosil dan jejak kakinya saja. Dari fosil dan jejak kaki inilah ilmuwan mengumpulkan informasi untuk memecahkan misteri kehidupan dinosaurus dimasa lalu. 


Beberapa fosil ditemukan dalam keadaan utuh, namun banyak yang lainnya yang sudah rusak dan sulit diidentifikasi. Fosil-fosil utuh yang ditemukan dirangkai kembali untuk mengetahui bentuk dari hewan tersebut ketika masih hidup. Pertanyaan yang sering muncul adalah bagaimana bisa seekor dinosaurus dapat menjadi fosil?

Fosil dinosaurus dalam batuan

Fosil adalah sisa tulang belulang binatang atau sisa tumbuhan zaman purba yg telah membatu dan tertanam di bawah lapisan tanah. Tidak semua hewan dan tumbuhan yang mati dapat menjadi fosil, banyak diantaranya yang membusuk seluruhnya sehingga hancur tak berbekas. Beberapa syarat diperlukan agar seekor bangkai dapat menjadi fosil.

Langkah-langkah dari dinosaurus mati hingga terbentuk fosil adalah sebagai berikut.
  • Dinosaurus mati kemudian terbenam di sungai yang dangkal.
  • Beberapa minggu kemudian semua dagingnya busuk dan hanya meninggalkan tulangnya saja.
  • Lumpur menutupi tulang tersebut sehingga menyebabkan oksigen tidak dapat mencapai daerah dimana ada tulang tersebut. Tidak adanya oksigen menyebabkan pembusukan tulang tidak terjadi.
  • Lumpur terus-menerus menutupi permukaan tulang hingga semakin tinggi. Mineral yang ada di lumpur terbawa oleh air dan meresap ke dalam tulang sehingga membuat tulang tersebut menjadi keras dan membatu.
  • Setelah berjuta-juta tahun, lumpur tersebut berubah menjadi batuan yang keras dan muncul di permukaan bumi.
  • Terkadang terjadi erosi pada batuan tersebut sehingga fosil di dalam batuan tersebut bisa muncul dan menyebabkan banyak orang mengeksplorasi fosil tersebut.
Proses penggalian fosil

Tidak semua hewan mati akan memfosil, dan dibutuhkan proses berjuta-juta tahun supaya fosil itu bisa terbentuk. Fosil yang tersisa merupakan informasi terakhir yang ditinggalkan dinosaurus untuk generasi saat ini. Harimau mati meninggalkan kulit, gajah mati meninggalkan gading, dan dinosaurus mati meninggalkan fosil.

0 komentar

Post a Comment