Tuesday, September 9, 2014

Arti Tersembunyi dari Nyanyian Burung

Advertisement

Sering kali kita mendengar burung bernyanyi di sekitar kita, di halaman rumah, di televisi, atau yang lebih parah di sangkar burung tetangga. Tapi pernahkah kalian bertanya sebenarnya apa sih tujuan burung bernyanyi demikian merdunya?

Burung bernyanyi setiap hari bukan untuk menyambut pagi hari ataupun karena sedang senang hati. Burung bernyanyi karena dua alasan utama 1) untuk menarik lawan jenis dan 2) untuk menandai daerah kekuasaan.

Burung bernyanyi untuk menarik lawan jenis
dan menandai daerah kekuasaan

Burung yang biasanya ramai bernyanyi adalah burung jantan, sebagai siasat memanggil lawan jenis untuk mendekat dan melakukan perkawinan. Suara nyanyian burung dapat terdengar dari jarak yang sangat jauh, burung betina yang tertarik dengan suara itu akan datang mendekat untuk memeriksa siapa gerangan yang sedang bernyanyi. Bila si betina menyukai aksi si jantan, maka perkawinan segera terjadi. Bila si betina tidak menyukainya, maka akan pergi untuk mencari pejantan yang nyanyiannya lebih indah.

Banyak burung memiliki daerah kekuasaan sendiri, daerah yang dijaga agar pesaingnya (dari jenisnya sendiri) tidak datang ke daerah tersebut. Burung menandai daerah kekuasannya dengan cara benyanyi agar pesaingnya dapat mendengar dan pergi dari daerah tersebut. Dengan menjaga daerah kekuasannya, burung mempertahankan sumber makanan dan memperoleh pasangan kawin.

Namun karena suaranya yang indah ini, menyebabkan banyak burung ditangkap untuk dijadikan sebagai hewan peliharaan. Burung dipelihara di sangkar yang sempit untuk dieksploitasi keindahan suaranya maupun keindahan bulunya. Hal ini tentu sangat menyiksa burung tersebut, hidupnya tidak bebas, terpenjara dalam sangkar yang sempit.

Sebenarnya ada cara untuk menikmati keindahan suaranya tanpa harus menyiksanya, yaitu dengan mendengar suaranya di habitatnya sendiri. Ayo kita lakukan perjalanan di taman-taman, di hutan-hutan, di gunung-gunung untuk menemukan burung dan mendengarkan suaranya tanpa harus menyiksanya dalam sangkar. Ayo kita pengamatan burung.

Pengamatan burung : mengamati dan mendengarkan
keindahan burung di habitatnya

Nah, bagi teman-teman yang tidak tahu apa itu pengamatan burung dapat membaca artikel berikut ini tentang Apa Itu Pengamatan Burung.

0 komentar

Post a Comment