Friday, September 5, 2014

Apa itu Birdwatching?

Advertisement


Birdwatching merupakan aktivitas pengamatan burung yang dilakukan sekelompok orang untuk tujuan tertentu. Aktivitas birdwatching dilakukan di alam liar, bukan mengamati burung di kandang, di buku, atau di televisi. Apa sih enaknya mengamati burung? apa sih gunanya mengamati burung? banyak orang menanyakan hal itu.

Mengamati burung adalah suatu hobi, jadi kalau ditanya apa enaknya mungkin jawaban tiap orang akan berbeda. Bayangkan saja dirimu hobi bermain basket, saat ditanya oleh orang: apa sih enaknya bermain basket? kamu akan menjawab dengan sangat antusias, namun apabila pertanyaan itu ditanyakan kepada  orang yang tidak suka bermain basket, jawabannya akan berbeda. Demikian juga pada pengamaytan burung, kalau kamu suka dan hobi mengamati, kamu akan punya seribu alasan untuk menyukainya.

Aktivitas pengamatan burung

Bertanya tentang tujuan pengamatan burung, apa sih tujuannya? pengamatan burung dapat dilakukan hanya sebagai hobi. Untuk kamu yang suka burung, melihat burung indah di alam liar tentu akan sangat menyenangkan hati. Pengamatan burung juga dapat bertujuan ilmiah, dengan mengamati burung kita dapat mendata keanekaragaman jenis burung di suatu tempat, data-data tersebut dapat digunakan untuk tujuan konservasi burung dan alam secara umum. Untuk mencari uang juga bisa. Belakangan banyak muncul paket wisata pengamatan burung di berbagai daerah. Wisatawan-wisatawan mancanegara yang hobi pengamatan burung sering datang untuk pengamatan di negara kita, nah bagi pengamat lokal yang sudah ahli dapat bekerja sebagai pemandu pengamatan, hanya dibutuhkan kemampuan berbicara bahasa inggris aktif, dolar-pun dapat diperoleh.

Soal manfaat, banyak sekali manfaat dari pengamatan burung. Bagi diri sendiri, kita jadi lebih memahami keanekaragaman jenis burung di suatu tempat, memahami tingkah lakunya, hal itu dapat menjadi kesenangan dan penghilang stress. Bagi masyarakat umum, data yang kita peroleh (kita tidak hanya mengamati, tapi juga mencatat lho) dapat dijadikan sumber informasi yang berharga bagi masyarakat. Pemerintah memerlukan data tersebut untuk melakukan kebijakan-kebijakan yang menyangkut lingkungan hidup pada umumnya dan burung pada khususnya.

Burung, objek menarik untuk diamati

Nah, apalagi yang kalian tunggu, ayo mulai lakukan pengamatan burung, nikmati sensasinya dan rasakan manfaatnya. Apabila kalian belum mengatahui peralatan apa saja yang diperlukan dalam pengamatan burung, dapat membaca artikel berikut tentang Persiapan Pengamatan Burung.

0 komentar

Post a Comment