Saturday, September 27, 2014

Alloxan : Zat Penyebab Diabetes

Advertisement

Alloxan adalah derivat pirimidin, dalam keadaan cair akan membentuk alloxan hidrat. Alloxan dapat menyebabkan rusaknya sel beta-pankreas pada hewan rodensia (tikus dan sejenisnya). Zat ini biasanya digunakan untuk menginduksi diabetes melitus pada hewan percobaan. Penyuntikan alloxan pada rodensia akan menyebaabkan sel-sel beta pankreasnya rusak sehingga tidak mampu menghasilkan insulin. Ketiadaan insulin menjadikan kadar gula dalam darah hewan tersebut meningkat dengan pesat.


Penelitian-penelitian dalam bidang diabetes sangat terbantu dengan ditemukannya alloxan. Peneliti dapat mengujicoba pengaruh obat-obatan atau perlakuan tertentu terhadap rodensia yang telah diatur menderita diabetes. Penemuan obat-obatan jenis baru tentu tidak etis apabila langsung diujicobakan kepada manusia, dalam tahap awal biasanya digunakan tikus sebagai hewan ujinya. 

Molekul alloxan

Alloxan akan masuk ke dalam sel beta pancreas melalui transporter untuk glukosa yaitu GLUT2. Alloxan dapat melewati GLUT2 karena memiliki strukturmolekul yang mirip dengan glukosa. Zat ini akan terakumulasi di dalam sel beta pancreas dan dapat menyebabkan kerusakan sel.

Alloxan terkadang digunakan sebagai bahan pemutih pada mie instan, tepung terigu dan bahan makanan lainnya. Alloxan juga dapat menyebabkan kerja sel beta pancreas manusia terganggu, walaupun dalam beberapa waktu fungsinya akan normal kembali. Konsumsi makanan yang mengandung alloxan secara terus-menerus dapat menjadi salah satu penyebab munculnya penyakit diabetes tipe-1. Anak-anak cukup rentan terhadap akumulasi alloxan dalam pancreas dan menjadi salah satu penyebab utama diabetes pada anak-anak.

Banyaknya penderita diabetes saat ini diakibatkan karena pola hidup dan konsumsi yang kurang sehat. Banyak bahan makanan yang telah ditambah zat kimia yang dapat meningkatkan rasio diabetes. Alloxan merupakan salah satu zat kimia yang umum ditambahkan pada makanan dan dapat menyebabkan penyakit tersebut.

0 komentar

Post a Comment