Tuesday, August 19, 2014

Mengatasi Kelelahan Mata dengan Warna Hijau

Advertisement

Di era modern ini banyak pekerjaan yang menjadikan seseorang harus duduk di depan monitor sepanjang hari. Tanpa kita sadari, duduk di depan monitor untuk membaca, melihat garfik, mengetik atau menonton suatu acara dapat membuat mata kita lelah hingga terasa sepat. Kelelahan mata ini disebabkan karena mata kita aktif melihat tulisan atau gambar yang ada di dalam monitor, selain itu, radiasi yang dipancarkan monitor juga menyumbang banyak kelelahan pada mata.

Kelelahan pada mata apabila tidak diatasi sedini mungkin dapat mempercepat kerusakan mata dan tanpa disadari mata sudah membutuhkan kacamata untuk membantu melihat. Mata adalah aset yang berharga bagi kehidupan kita. Menjaga mata haruslah menjadi hal wajib yang harus selalu diperhatikan dalam kehidupan sehari-hari.

Bagaimanakah cara kita menjaga mata agar tidak terlalu lelah saat bekerja? jawabannya sangatlah mudah, yaitu melihat warna hijau.

Setelah mata bekerja selama sekitar 2 jam, dan telah terasa agak sepat, kita bisa meluangkan waktu sekitar 5 menit untuk mengistirahatkan mata kita dengan melihat benda yang berwarna hijau. Akan lebih baik seandainya kita melihat benda yang berwarna hijau dan letaknya agak jauh. Melihat rimbunnya pepohonan dari jendela misalnya. Aktivitas ini akan menghilangkan kelelahan yang dialami mata sehingga mata dapat kembali segar dan siap meneruskan pekerjaan kembali. Aktivitas tersebut dapat diulangi setiap 2 jam agar mata selalu segar dan terjaga kesehatannya.

Mengapa warna hijau dapat mengembalikan kesegaran mata? Jawabannya adalah pada panjang gelombang dari cahaya hijau itu sendiri. Benda nampak berwarna hijau karena memantulkan cahaya warna hijau ke mata kita sehingga kita dapat melihat warna tersebut. Cahaya warna hijau memiliki panjang gelombang di tengah-tengah, tidak tinggi dan tidak rendah sehingga dapat diterima mata dengan baik. Mata menerima cahaya hijau dengan baik sehingga dapat mengurangi rasa sepat yang dialaminya.

Selain inu, memandang benda yang terletak jauh dimaksudkan agar lensa mata kita bisa bersantai setelah selama sekian jam terus bekerja melihat layar monitor di depannya. kombinasi warna hijau dan jarak jauh ini dapat menjaga kesehatan mata sehingga akan terus sehat dan dapat bekerja dengan optimal tanpa bantuan kacamata.

Panjang gelombang cahaya hijau terletak di tengah-tengah.

0 komentar

Post a Comment