Wednesday, May 21, 2014

Mengatasi Kram Perut Saat Olahraga

Advertisement

Seringkali saat sedang asik berolahraga, kita terhenti oleh karena munculnya rasa sakit di perut yang cukup menyiksa. Rasa sakit di perut saat olahraga dikenal dengan sebutan kram perut. Kram perut dapat menjadi momok yang cukup mengganggu aktivitas olahraga kita. Setelah datang rasa sakit biasanya kita tidak dapat lagi melanjutkan olehraga dan harus beristirahat. Kram perut dapat terjadi karena beberapa sebab antara lain, tubuh kekurangan air, tubuh kekurangan oksigan dan olahraga setelah makan.

Kram perut kerap muncul saat olahraga

Saat olahraga suhu tubuh akan meningkat sehingga menyebabkan dikeluarkan banyak keringat untuk menurunkan suhu tubuh. Keringat yang keluar dari tubuh apabila tidak dibarengi dengan asupan air dapat menyebabkan tubuh kekurangan air (dehidrasi). Semakin keras olahraga yang kita lakukan semakin banyak keringat yang keluar, menyebabkan semakin cepat terjadinya dehidrasi. Hal ini akan memicu munculnya kram perut saat berolahraga.

Untuk mengatasi masalah tersebut dapat dilakukan dengan minum air putih di sela-sela olahraga atau sebelum olahraga. Minum air saat atau sebelum olahraga akan menjaga tubuh dari kekurangan cairan tubuh yang menyebabkan kram perut. Air dingin cenderung lebih mudah diserap oleh tubuh dibandingkan dengan air panas, meminum air dingin sebelum olahraga baik untuk menjaga keseimbangan cairan tubuh.

Minum air putih untuk mencegah kram perut

Kekurangan oksigen juga dapat menjadi penyebab munculnya kram perut. Oksigen diperlukan tubuh untuk proses pembentukan energi. Saat olahraga, tubuh membutuhkan asupan oksigen yang lebih banyak dibandingkan saat tubuh beristirahat. Apabila oksigen yang dihirup melalui udara pernapasan jumlahnya tidak cukup dapat menjadi pemicu munculnya kram perut.

Kekurangan oksigen dapat dihindari dengan melakukan pernapasan yang teratur saat berolahraga. Mengobrol saat berolahraga dapat mengurangi volume udara pernapasan yang masuk sehingga menyebabkan tubuh kekurangan oksigen. Bernapas secara teratur dan menghindari mengobrol dapat menghindari kram perut saat olahraga.

Mengatur pernapasan untuk mencegah kram perut

Hal terakhir yang menjadi penyebab utama kram perut adalah melakukan olehraga setelah selesai makan. Makanan dalam sistem pencernaan membutuhkan waktu beberapa jam untuk dicerna. Setelah makan, makanan akan masuk ke dalam lambung. Apabila olahraga dilakukan saat makanan masih di dalam lambung akan menyebabkan terjadinya kram perut.

Untuk mencegah timbulnya kram perut dapat dilakukan dengan tidak langsung melakukan olahraga setelah selesai makan. Berolahragalah sekitar satu setengah jam setelah selesai makan agar pencernaan di lambung telah selesai sehingga tidak menimbulkan kram perut.

Olahraga setelah makan menjadi penyebab utama kram perut

Kram perut bukanlah sesuatu yang berbahaya, hanya akan mengganggu aktivitas olahraga kita. Apabila terjadi kram perut, istirahat sejenak dan minum air putih akan menyembuhkannya. Namun, apabila terus melanjutkan olahraga padahal telah terjadi kram perut dapat menyebabkan kelainan yang lebih berbahaya.

Kram perut merupakan masalah yang biasa terjadi saat olahraga, masalah lain yang kerap muncul adalah kesemutan pada telapak kaki atau tangan setelah olahraga. Penyebab kesemutan ini dapat dilihat pada artikel Kesemutan Setelah Olahraga, Apakah Normal?

0 komentar

Post a Comment