Kupu-Kupu Raja, si Cantik yang Beracun

Kamu tentu tahu banyak ular memiliki bisa yang berbahaya bagi tubuh, atau katak yang mampu mengeluarkan lendir beracun, ataupun jamur beracun yang mampu menghasilkan halusinasi. Namun pernahkah kamu mendengar tentang kupu-kupu beracun?

Spesies kupu-kupu Raja (Danaus plexipus), dikenal memiliki warna sayap yang indah. Warna oranye dalam sayapnya dengan kombinasi garis hitam dan bercak-bercak putih sungguh cantik dipandang mata. Walupun demikian ia dikenal sebagai kupu-kupu beracun, yang mampu membuat burung dan hewan pemakan serangga lain menghindarinya. 

kupu-kupu raja
Kupu-kupu raja, dalam bahasa inggris disebut Monarch butterfly

Racun yang terkandung di dalam tubuh kupu-kupu raja tidak bersifat mematikan, hanya menimbulkan sensasi rasa yang sangat tidak enak bagi predatornya sehingga menjauhi kupu-kupu tersebut.

Berbeda dengan ular atau katak yang mampu menghasilkan racun sendiri, kupu-kupu ini tidak mampu menghasilkan racun sendiri. Racun yang dimilikinya berasal dari racun yang terkandung dalam daun biduri (Calotropis gigantea). Kupu raja akan meletakkan telur pada daun tanaman biduri. Saat menetas, ulat akan memakan daun biduri yang mengandung senyawa racun dalam getahnya. 

tumbuhan biduri
Biduri (Calotropis gigantea)

Racun yang terkandung di dalamnya merupakan jenis dari  cardiac glycoside, senyawa aktif yang dapat meningkatkan laju denyut jantung. Ulat akan menyimpan racun tersebut dalam tubuhnya dan digunakan untuk pertahanan terhadap serangan predator. 

cardiac glicoside
Cardiac glycoside, racun dalam tubuh kupu-kupu raja

Saat ulat bermetamorfosis menjadi kepompong kemudian menjadi kupu-kupu dewasa, kandungan racun dalam tubuh ulat tetap dipertahankan dalam tubuh kupu-kupu dewasa. Dengan adanya racun ini, kupu raja menjadi aman dari ancaman hewan pemakan serangga. Suatu bentuk pertahanan diri yang luar biasa.
migrasi kupu-kupu raja
Kupu-kupu raja bermigrasi dalam jumlah besar

Kupu-kupu raja di Amerika Utara akan bermigrasi setiap menjelang musim dingin tiba. Kupu-kupu dari Kanada akan bermigrasi ke Meksiko menempuh jarak hingga 4500 Km. Mereka bermigrasi untuk menghindari musim dingin di Kanada dan sekitarnya. Dalam sehari kumpulan kupu-kupu yang sedang bermigrasi dapat menempuh jarak sekitar 80 Km. Mereka memiliki metabolisme yang sangat efisien sehingga dapat terbang sangat jauh dengan sedikit beristirahat.

Kepompong kupu-kupu raja

Kepompong kupu-kupu raja awalnya berwarna hijau namun akan berubah menjadi lebih gelap seseuai dengan perkembangan metamorfosis di dalamnya. Dari awal terbentuk kepompong hingga kupu-kupu keluar memerlukan waktu sekitar 2 minggu. Setelah keluar dari kepompong kupu-kupu raja membutuhkan waktu beberapa jam untuk mengembangkan sayapnya sebelum dapat terbang bebas.

ulat kupu-kupu raja
Ulat kupu-kupu raja

Kupu-kupu raja dewasa dapat hidup hingga 5 minggu untuk kawin dan bertelur. Betina dapat kawin dengan banyak jantan dan menghasilkan 290 hingga 1180 butir telur selama hidupnya. Kupu betina akan meletakkan telurnya di bawah permukaan daun biduri dan butuh 3 hingga 8 hari untuk menetas menjadi ulat.

Ulat akan memakan daun biduri dan menyimpan racun dari getah biduri. Butuh waktu sekitar 1 hingga 2 bulan bagi ulat untuk tumbuh besar dan menjadi kepompong. Pertumbuhan ulat dipengaruhi jumlah makanan dan suhu lingkungan sekitar. Bila jumlah makanan yang tersedia banyak dan suhu lingkungan hangat pertumbuhan ulat akan lebih cepat, namun bila suhu dingin dan makanan sedikit ulat akan tumbuh lebih lambat.

2 komentar: