Wednesday, March 5, 2014

Muscle Building : Bagaimana Membesarkan Otot?

Advertisement

Otot atau daging merupakan jaringan yang penting sebagai alat gerak aktif pada manusia. Otot akan menggerakkan tulang yang menyebabkan tubuh seseorang bisa bergerak bebas. Pergerakan otot dilakukan dengan mekanisme kontraksi dan relaksasi atau menegang dan mengendur. Setiap orang memiliki massa (besar) otot yang berbeda-beda. Setiap orang memiliki kesempatan untuk membesarkan otot tubuhnya.
Beberapa hal penting yang perlu dilakukan untuk memperbesar otot tubuh antara lain.

Latihan beban
Latihan mengangkat beban merupakan cara yang paling baik untuk membesarkan otot-otot tubuh. Otot yang sering dilatih akan mengalami perbesaran (hipertrofi) sedangkan otot yang tak pernah dilatih akan mengecil (atrofi). Latihan-latihan beban diperlukan untuk memberikan tekanan-tekanan pada otot sehingga akan terpacu untuk tumbuh menjadi lebih besar dan kuat. Namun yang harus diperhatikan adalah:

  • Jangan mengangkat beban diluar kemampuan otot. Berlatihlah mulai dari beban yang dapat dikuasai kemudian setelah otot terbiasa, dapat ditingkatkan pada beban yang lebih berat lagi.
  • Lakukan secara teratur. Tak ada gunanya latihan beban apabila hanya dilakukan satu bulan sekali. lakukanlah secara teratur minimal seminggu dua kali untuk melatih otot tubuh.
Makanan berprotein
Yang diperlukan oleh otot untuk mampu tumbuh membesar selain latihan adalah makanan, terutama protein sebagai pembangun tubuh. Sel-sel otot terbentuk dari protein yang saling berikatan membentuk serabut yang disebut miofibril. Dengan mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung protein, akan menyediakan bahan baku untuk perbesaran otot itu sendiri. Makanan-makanan yang banyak mengandung protein antara lain telur, daging, ikan, kacang-kacangan dan susu. Di antara makanan-makanan tersebut, putih telur merupakan makanan yang paling populer di kalangan body builder (binaragawan). Para body builder lebih memilih putih telur sebagai makanan utama mereka karena mudah dicerna dan harganya yang relatif lebih terjangkau dibandingkan sumber protein lainnya.

Olahraga kardiofaskuler
Yaitu olahraga yang akan melatih kerja jantung dan pembuluh darah. Olahraga kardiofaskuler adalah olahraga semacam lari dan berenang yang akan menggerakkan semua otot di tubuh dan memacu kerja jantung. Ahli-ahli body buuilder menyatakan pentingnya olahraga kardiofaskuler, "Otot tubuh tak akan terbentuk sempurna tanpa olahraga kardiofaskuler". Olahraga ini dapat dilakukan disela-sela latihan beban dengan intensitas dua kali dalam satu minggu.

Cukup tidur
Otot diperbaiki dan dibangun ketika tubuh dalam keadaan istirahat, terutama saat tidur. Dengan cukup tidur akan menyediakan kesempatan bagi tubuh untuk membangun otot-otot yang telah dilatih. Belum ada waktu standar untuk cukup tidur yang sama bagi tiap orang karena disesuaikan dengan aktivitas yang dilakukan. Tidur yang cukup adalah tidur dan ketika bangun tubuh terasa segar dan rileks.

1 komentar:

  1. Great piece of writing about the muscle building program, I really liked the way you highlighted some really important and significant points. Thanks so much, I appreciate your work.

    ReplyDelete