Monday, March 10, 2014

Komodo, Monster asli Indonesia

Advertisement

Varanus komodoensis
Mendengar nama komodo, orang akan langsung ingat dengan kadal besar yang hidup di kepulauan Nusa Tenggara. Komodo (Varanus komodoensis) merupakan jenis kadal terbesar yang hidup di pulau hidup di pulau KomodoRincaFloresGili Motang, dan Gili Dasami di Nusa Tenggara. Panjang tubuh kadal raksasa ini dapat mencapai 3 m dari ujung kepala hingga ujung ekor. Komodo bukan satwa australis maupun orientalis, dia adalah satwa daerah peralihan yang hanya ditemukan di Indonesia (hewan endemik Indonesia).

Komodo dapat mencapai ukuran yang begitu besar disebabkan  tidak adanya karnivora yang memangsanya di habitat alaminya. Di habitat tempat tinggalnya tidak terdapat pemangsa besar seperti harimau ataupun anjing hutan sehingga mereka berperan sebagai raja di habitatnya. Komodo tidak memiliki saingan kecuali dari jenisnya sendiri.

Monster ini begitu ganas, dengan kulitnya yang tebal, cakarnya yang panjang, giginya yang runcing, dan yang paling membuatnya menakutkan adalah bakteri-bakteri berbahaya yang hidup di mulutnya. Bahkan, penelitian terbaru menyatakan bahwa komodo memiliki kelenjanr racun yang mampu menghasilkan racun yang sangat mematikan. Beberapa orang dilaporkan mati karena gigitan komodo di pulau Komodo. 

Kerbau liar, salah satu mangsa komodo
Mangsa monster ini adalah mamalia besar seperti rusa, babi hutan, dan kerbau liar. Dengan giginya yang tajam komodo akan menggigit mangsanya dan menunggunya mati sebelum mulai memakannya. Air liur dalam gigitan komodo mengandung 28 jenis bakteri berbahaya dan mematikan, satu gigitan pada mangsa dapat berakibat fatal hingga berujung kematian. Bakteri-bakteri tersebut akan menginfeksi tubuh mangsa yang akan menyebabkan mangsa tersebut mati setelah beberapa hari. Setelah menggigit mangsanya, komodo akan mengikuti kemanapun mangsa tersebut pergi, berharap mangsa tersebut segera mati untuk dapat segera disantapnya. 

Seperti ular, komodo mencium bau bangkai mangsanya melalui juluran lidahnya. Hewan besar yang mati akan mengundang puluhan komodo untuk datang dan saling berebut daging, makan sebanyak-banyaknya. Komodo merupakan hewan yang aktif disiang hari, penglihatannya dapat membedakan warna namun kurang baik untuk membedakan benda yang diam. Secara sederhana dapat dikatakan monster ini lebih jeli melihat benda-benda yang bergerak dibandingkan benda-benda yang diam.

Sebagai monster asli Indonesia, komodo telah menarik perhatian masyarakat dunia. Baru-baru ini pulau Komodo dinobatkan sebagai salah satu dari 7 Keajaiban Dunia baru yang menjadikan banyak wisatawan mancanegara berdatangan ke pulau Komodo untuk menyaksikan keganasannya.

0 komentar

Post a Comment