Wednesday, March 5, 2014

Elang Brontok yang Gemar Berubah Kostum

Advertisement

Elang brontok fase terang
Elang brontok fase gelap



















Elang Brontok (Spizaetus cirrhatus) merupakan burung pemangsa yang masuk dalam famili accipitridae. Burung ini berukuran besar, sekitar 70 cm dari ujung ekor hingga ujung paruh. Dalam bahasa inggris elang ini disebut dengan nama changeable hawk-eagle karena warna bulunya sering berubah-ubah. Bulu elang brontok dibedakan menjadi fase gelap, fase terang, dan fase peralihan. Burung jantan dan betina memiliki warna yang hampir serupa, hanya burung betina biasanya memiliki ukuran tubuh yang lebih besar.

Saat fase gelap seluruh tubuh coklat gelap dengan garis hitam pada ujung ekor, terlihat kontras dengan bagian ekor lain yang coklat dan lebih terang. Fase terang ditandai dengan tubuh bagian atas coklat abu-abu gelap, tubuh bagian bawah putih bercoret-coret coklat kehitaman memanjang. Bentuk peralihan terlihat seperti fase terang namun dengan lebih banyak coret-coret kehitaman pada tubuh.

Burung yang gemar memangsa, reptil, burung, dan mamalia kecil ini tersebar luas di India, Asia Tenggara, Filipina, Sumatra Kalimantan, Jawa dan Nusa Tenggara. Karena warna bulunya yang dapat berubah-ubah inilah, menyebabkan burung ini sulit dikenali di alam. Dibutuhkan kejelian untuk dapat mengenali dan mengidentifikasi jenis elang brontok.

0 komentar

Post a Comment