Wednesday, February 26, 2014

Bee Hummingbird, Burung Terkecil di Dunia

Advertisement

Bee Hummingbird (Mellisuga helenae)
Bee Hummingbird atau dalam bahasa Indonesia berarti kolibri lebah, merupakan burung terkecil di dunia. Ukuran burung mungil ini hanya 5,7 cm dari ujung ekor hingga ujung paruh. Burung ini memiliki kaki yang sangat kecil karena jarang digunakan untuk bertengger. Karena kakinya yang kecil inilah dia dimasukkan ke dalam ordo Apodiformes, satu ordo dengan burung wallet.  

Saat terbang, burung ini mengepakkan sayapnya 200 kali setiap detik sehingga menimbulkan suara mirip dengungan sayap lebah. Burung yang tinggal di Cuba ini dapat terbang maju, mundur, ke atas, ke bawah, bahkan saat menemukan bunga dia dapat berhenti di udara untuk menghisap nektar.

Burung ini aktif di siang hari, mencari makan berupa nektar bunga. Karena kebutuhan energinya yang tinggi, burung ini mengunjungi sekitar 2000 bunga setiap hari. Nektar dihisap menggunakan paruhnya kecil yang panjang. Aktivitasnya dalam menghisap nektar dapat membantu penyerbukan banyak spesies bunga, dia menyebarkan polen dari satu bunga menuju bunga lainnya. Saat malam, dia akan beristirahat, bertengger di pohon untuk menghemat energi.

0 komentar

Post a Comment